BUKITTINGGI, SUMBAR -- Ratusan pelaku UMKM dan emak-emak mengatasnamakan "Gerbong Pecinta Sandi Sumatera Barat" mengikuti pelatihan pembuatan sabun cuci piring rumahan. Tak saja pelaku UMKM dan emak-emak, kegiatan ini juga dihadiri para millenial.

Ketua Umum Gerbong Pecinta Sandi, Eka Maritim mengatakan, pelatihan bertujuan untuk memberikan wawasan tentang peluang usaha rumahan. Menurutnya, ini dapat dipraktikkan kepada peserta untuk menunjang perekonomian keluarga.

"Pelatihan ini diberikan karena kebutuhan masyarakat tidak terlepas dari mencuci piring setiap harinya, disamping bekal pelatihan juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," papar Eka di Rumah Pohon Sianok Bukittinggi, Desa Sianok Anam Suku, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (5/6/2022). 

Yang membesarkan hati, ungkap Eka, pelatihan ini disambut antusias oleh masyarakat yang hadir. Sehingga, pelatihan ini akan terus dilakukan ke tingkat kabupaten hingga kecamatan.

"Pelatihan ini akan dibangun, selanjutnya kita akan mengadakan pelatihan ke tingkat kabupaten dan kecamatan Sumatera Barat," ujarnya optimus. 

Keberadaan para peserta untuk bersama-sama mengikuti pelatihan juga tak terlepas dari sosok Sandiaga Uno yang digadang-gadang bakal maju sebagai salah seorang calon Presiden pada Pilpres 2024 mendatang. Sandi dianggap punya perhatian besar terhadap para pelaku UMKM. Tertumpang harapan, Sandiaga Uno yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di Kabinet Indonesia Maju terpilih menjadi Presiden menggantikan Joko Widodo, sehingga semakin besar peluang bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pembinaan dalam pengembangan usaha. 

Para peserta rata-rata senang mendapat pelatihan membuat sabun, sehingga merek bisa membuka usaha rumahan.

#mdc/ede





 
Top