PADANG -- Walikota Padang Hendri Septa meresmikan Rumah Gizi Permata Bunda yang beralamat di jalan Medan Asratex, Kelurahan Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara, Rabu, (28/12/2022).

Camat Padang Utara Pagara SSTP, MM dalam laporannya mengatakan, rumah gizi Permata Bunda adalah binaan Puskesmas Ulak Karang dan merupakan rumah gizi ketiga setelah Rumah Gizi Magenta binaan Puskesmas Air Tawar dan Rumah Gizi Mustika Ibu binaan Puskesmas Alai.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita mohon kepada bapak Walikota Padang untuk dapat kiranya meresmikan rumah gizi Permata Bunda ini, semoga dengan kehadiran rumah gizi ini dapat mencegah penyebaran stunting di wilayah kecamatan Padang Utara” ujar Pagara.

Walikota Padang dalam sambutannya mengatakan bahwa penanganan kasus stunting merupakan tanggung jawab bersama.

Menurut Hendri Septa, semua pihak harus aktif berpartisipasi, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat. Semua komponen juga harus bekerjasama dan berpartisipasi secara aktif sehingga program penanganan stunting bisa berjalan dan tuntas.

“Stunting merupakan tanggung jawab kita bersama. Semua harus aktif berpartisipasi karena masa depan anak bangsa harus cerdas sehat dan memiliki gizi yang cukup,” kata Wako

Hendri Septa melanjutkan, saat ini Pemko Padang terus berupaya menekan angka kasus stunting yang dimulai dari penanganan gizi balita, penanganan sanitasi lingkungan dan pemeriksaan calon pengantin. 

Para calon pangantin kata Hendri Septa, nantinya akan diberikan pengarahan bagaimana bereproduksi yang baik dan pentingnya gizi sehingga mampu menghasilkan keturunan yang sehat.

Sesuai dengan Perpres No. 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, maka mulai dengan membina calon pengantin tentang reproduksi dan pentingnya gizi, supaya nantinya mereka bisa melahirkan generasi yang sehat dan mengerti akan pentingnya gizi untuk anak,” tutur Wako

#rel/ede




 
Top