PADANGPANJANG, SUMBAR – Tabrakan beruntun melibatkan bus, truk, mobil ambulans dan sejumlah kendaraan roda empat lainnya terjadi di kawasan Lembah Anai, Padang Panjang, Senin (19/12/2022) pagi. Dalam kejadian sekira pukul 08.15 WIB tersebut, bus mengalami rebah kuda dan puluhan penumpangnya dilaporkan mengalami luka-luka. 

Kapolres Padang Panjang AKBP Donny Bramanto melalui Kasat Lantas polres Padang Panjang Iptu Aldy Lazzuardy membenarkan kejadian tabrakan beruntun tersebut.

“Telah terjadi laka lantas di Jl. St Syahrir Kel Silaing Bawah (jalan lintas Lembah Anai, red) Kec Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang melibatkan bus Mercedes Benz nopol S 7056 UW dengan kenderaan Datsun GO nopol BA 1467 QF, Toyota Calya BA 1157 IN, ambulans Puskesmas jenis Hyundai Starex Mover BA 1578 N dan truk tanki CPO BA 8033 GU,” terang Iptu Aldy dalam pesan tertulis yang dibagikan Paur PIDM Humas polres Padang Panjang, Bripka Ciputra, Senin (19/12/2022).

Iptu Aldy menerangkan, kejadian bermula bus bermuatan 46 penumpang dan dikemudikan supir bernama Amri, sebelum kejadian datang dari arah Pekanbaru menuju Kota Padang.

“Sampai di tempat kejadian bus tersebut mengalami rem blong dan lepas kendali sehingga menabrak kendaraan Datsun Go yang datang dari arah berlawanan,” terangnya.

Kemudian, urai Iptu Aldy, bus terus melaju ke arah Padang dan menabrak kendaraan Toyota Calya, ambulans Puskesmas jenis Hyundai Starex Mover dan truk tanki CPO yang melaju dari arah sama.

“Bus Mercedes Benz juga menabrak lereng bukit sehingga rebah kuda di lokasi kejadian,” sebutnya.

Terakhir diterangkan Aldy, akibat kejadian tersebut, kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan dan 33 penumpang mengalami luka luka.

“Dalam kecelakaan ini tercatat 33 orang korban luka luka dan kerugian materil ditaksir Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah),” tutup Iptu Aldy sembari menjelaskan kejadian kecelakaan tersebut sesuai laporan polisi LP / A / / XII / 2022 //SPKT.SATLANTAS / POLRES PADANG PANJANG / POLDA SUMATERA BARAT dan Pasal yang diterapkan PASAL 310 Ayat 1 dan 2 UULLAJ.

Belakangan diperoleh informasi bahwa bus Mercedez Benz bercat biru yang rebah kuda membawa rombongan mahasiswa Universitas Riau (Unri). Rencananya bus tersebut akan menuju PT Semen Padang untuk melakukan kunjungan.

"Informasinya bus berangkat tadi malam, agendanya itu mau kunjungan industri ke PT Semen Padang. Kecelakaan tadi pagi," ujar Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Unri, Deni Setiawan, Senin (19/12/2022).

Deni memastikan bus yang kecelakaan di Padang Panjang hanya satu. Di mana ada enam bus rombongan berangkat dari Kota Pekanbaru tadi malam.

Kunjungan Industri sendiri adalah agenda Senat Mahasiswa salah satu jurusan di Fakultas Ekonomi. Namun saat kegiatan didampingi oleh sejumlah dosen Fakultas Ekonomi.

"Itu kegiatan kelembagaan (mahasiswa), Senat Mahasiswa. Itu didampingi dosen-dosen," katanya.

Hasil koordinasi Deni dengan perwakilan di lapangan, seluruh mahasiswa yang jadi korban telah dievakuasi. Bahkan mereka rencananya akan langsung dipulangkan.

"Kami sudah koordinasi, tidak ada parah. Jadi agenda kunjungan industri (Semen Padang) pukul 10.00 WIB seharusnya, ini semua akan dipulangkan," katanya.

#als/bin





 
Top