INHU, RIAU -- Sedikitnya 43 siswa sekolah dasar (SD) dari 12 Desa di wilayah Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, menjadi peserta sunatan massal gratis di Puskemas Peranap, Senin (19/12/2022) kemarin. 

Kegiatan ditinjau langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Inhu, Junaidi Rachmat, yang sekaligus menyerahkan bantuan beasiswa tahap II teruntuk siswa siswi SD/Madrasah Ibtida'iyah (MI) di Kecamatan Peranap. 

Wakil Bupati Inhu, Junaidi Rachmat hadir bersama Kabag Kesra, Ahmad Fahmi dan OPD terkait lainnya. Kehadiran Wabup disambut hangat Camat Peranap, Yusri Erdi, Kepala UPTD Puskesmas Peranap  Supriadi, SKM serta masyarakat Kecamatan Peranap. 

Kegiatan sunatan massal ini terselenggara atas kerjasama Pemkab Inhu dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Inhu. 

Dalam sambutannya, Wabup Junaidi mengatakan, kegiatan sunat massal gratis Pemko Inhu telah dimulai sejak tahun 2010 dan berlanjut tiap tahunnya.

Meski pada tahun 2021 terjadi pergeseran anggaran dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga kuota peserta mengalami penurunan, namun pada saat ini kuota peserta sunat massal kembali diperbanyak dari 240 peserta dimasa Covid-19 menjadi 560 peserta untuk seluruh Kecamatan.

Dalam hal ini Pemkab Inhu terus berkomitmen memberi pelayanan kepada masyarakat yang bersinergi dengan pihak-pihak terkait. Ia berharap penyelenggaraan sunatan massal ini akan memberi manfaat yang besar utamanya terhadap tumbuh kembang anak. Selain itu dari sisi agama, sunat ataupun khitan adalah sunah yang harus diamalkan.

Terkait bantuan beasiswa tahap II dengan jumlah total Rp46.200.000, wabup merinci, masing-masing siswa siswi SD/MI sasaran di Kabupaten Inhu memperoleh sebesar Rp300 ribu.

Selain itu juga disalurkan bantuan berupa gerobak UMKM binaan Baznas Provinsi Riau dan Baznas Inhu, masing-masing kecamatan mendapatkan 5 unit gerobak. 

Junaidi mengimbau kepada masyarakat agar bantuan biaya pendidikan dan UMKM yang telah diserahkan, nantinya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Peranap.

Dalam kesempatan ini Wabup Junaidi juga memberi semangat kepada peserta sunat massal. Ia mengapresiasi petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Kecamatan Peranap yang bertugas pada pelaksanaan sunat massal ini. Selain kegiatan sunat massal juga dibuka gerai vaksin untuk masyarakat dan vaksin untuk lansia.

#ede/dtk





 
Top