JAKARTA -- Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, seluruh bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) tidak melakukan korupsi.

Hal ini disampaikan melalui Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat membuka acara pendidikan antikorupsi bagi Bacaleg partainya di Kantor Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

"Ibu Megawati, beliau berulang kali, ribuan kali mengingatkan, jangan salahgunakan, jangan salahgunakan kekuasaan yang diperoleh dari rakyat dengan melakukan korupsi," katanya.

Selain itu, kata dia, sangat penting nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila agar semua pihak terhindar dari korupsi.

Seperti sila kelima yang berkaitan dengan keadilan sosial dan sila ini dianggap melekat dengan cita-cita antikorupsi.

"Bagaimana saudara-saudara sekalian bisa menggerakkan semangat antikorupsi ketika saudara-saudara sekalian tidak mengobarkan semangat kemanusiaan itu. Semangat kekuasaan untuk rakyat, kekuasaan untuk mereka yang tertindas, keadilan sosial bagaimana korupsi memang pada akhirnya mencegah itu," ujar Hasto.

Karenanya, Hasto menyatakan bahwa DPP PDIP memulai tahapan seleksi bakal calon anggota legislatif dengan memberikan pendidikan antikorupsi.

Setelah lolos tahapan pendidikan antikorupsi, kader-kader itu melanjutkan ke tahapan psikotes oleh internal partai.

"Menjelang bulan April itu nanti bakal bakalnya itu akan dikurangin satu persatu, sehingga bulan April baru ditetapkan sebagai calon anggota legislatif dalam daftar calon sementara (DCS)," ucapnya.

Hasto menyebut tahapan seleksi caleg belum selesai di situ. Mereka masih harus menunggu pengumuman KPU untuk dapat ditetapkan sebagai caleg PDIP untuk Pileg 2024.

"Mengingat untuk menjadi anggota legislatif, saudara sekalian harus memahami bagaimana ideologi Pancasila, bagaimana termaktub di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan spirit kelahirannya pada tanggal 1 Juni 1945," katanya.

Sedangkan, Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi, Djarot Saiful Hidayat menyatakan, para Bacaleg digembleng khususnya menyangkut jiwa serta karakternya sejak dini.

Menurut Djarot, semua Bacaleg harus memahami dan menghidupi ideologi Pancasila agar segala tindakan korupsi bisa terhindarkan.

“Seseorang yang bertuhan tidak akan melakukan korupsi. Mereka yang berperikemanusiaan juga tidak akan menyakiti sesama manusia dengan melakukan korupsi," imbuh Djarot.

#tnc/bin




 
Top