PADANGPARIAMAN, SUMBAR -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat (Kakanwil Kemenag Sumbar) H. Helmi mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Natal bagi umat Kristiani. Menurutnya, Natal merupakan hari penuh suka cita sekaligus momen menebar cinta kasih bagi umat Kristiani dimana pun berada.

"Bagi umat Kristiani di Sumatera Barat, saya ucapkan selamat merayakan Natal. Kiranya perayaan Natal menjadi wujud syukur Saudara kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mari kita jaga dan pertahankan kerukunan dan suasana kondusif di Sumatera Barat" ungkap Kakanwil, Minggu (25/12/2022) saat menghadiri perayaan Natal di Gereja Kristus Bangkit Padang Pariaman.

Helmi meminta umat Kristiani untuk terus menabur kebaikan dan kasih sayang terhadap sesama warga bangsa untuk memperkuat kerukunan serta menjaga keutuhan bangsa dan negara.

"Semoga kerukunan yang sudah ada dapat terpelihara dan menembus sekat-sekat perbedaan, agar kita menuai perdamaian dan persatuan," ucapnya.

Tak lupa Helmi memberikan apresiasi kepada jajaran panitia pelaksana kegiatan, karena bisa menyelenggarakan kegiatan keagamaan ini dengan sukses. Helmi  juga berharap perayaan ibadah Natal ini tak hanya dapat menopang kerohanian dan keimanan seluruh pegawai, namun juga sebagai sebuah kebangkitan dalam berkinerja. 

Kakanwil menegaskan perayaan kegiatan keagamaan sangat sakral dalam membangun kehidupan rohani. Sepatutnya diiringi dengan sikap toleransi yang tinggi, sehingga dapat mempersatukan perbedaan yang ada

Lebih lanjut, Helmi meminta agar Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dirayakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal ini sesuai dengan SE Nomor 15 Tahun 2022.

Menurut hasil pemantauan di lapangan, pelaksanaan Misa malam dan natal Umat Katolik terpantau aman. Sementara untuk umat Kristen akan berlangsung, Minggu malam ini. 

Terkait hal perayaan Natal 2022, Kakanwil menurunkan 4 tim pemantau. Tim 1 dipimpin Kakanwil, Tim 2 Kabag TU, Tim 3 pembimas Kristen, Tim 4 Pembimas Katolik.

Sementara itu untuk pelaksanaan ibadah jemaat pada malam siang hari juga terpantau lancar dan penuh khidmat. Kakanwil menuturkan semua pelaksanaan ibadah umat kristiani harus tetap menjaga protokol kesehatan, termasuk dalam merayakan pergantian tahun ini, demi keselamatan bersama.

Untuk itu, menyongsong Tahun Baru 2023, Helmi mengajak segenap jajaran untuk terus bersemangat dalam mengerjakan tugas fungsi pokok dalam pelayanan terhadap umat. Khususnya bagi umat kristiani, dengan senantiasa memupuk optimisme dan keyakinan.

"Dengan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, semoga ikhtiar dan kerja keras kita akan berbuah kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat," harapnya.

Hadir dalam ibadah menyambut Natal Yesus Kritus tahun 2022 di Gereja Kristus Bangkit Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Kanit intel Kepolisan, Kabag ops Polres Padang Pariaman, Babinkamtibmas dan jajaran, Joni zebua salah seorang pemuka agama Katolik yang juga sebagai anggota Perwakilan FKUB Katolik.

#rna/ril/bin






 
Top