AYAH mungkin menjadi sosok yang memberikan banyak kesan berbeda bagi banyak anak, baik laki-laki maupun perempuan. Tidak banyak yang menyadari bahwa seorang ayah memegang peran penting dalam hidup anak perempuan, terutama dalam menjadikannya sosok yang kuat di masa depan.

Sebuah penelitian dengan judul The Impact of Fathers on Children oleh Peter B. Gray, PhD. and Kermyt G. Anderson, PhD., menemukan bahwa ada banyak dampak positif yang bisa dilihat dari keterlibatan ayah sebagai orangtua pada anak-anaknya, seperti membangun perilaku sosial, etika dan kesadaran diri.

Hubungan antara ayah dan anak perempuan misalnya, ayah adalah pria pertama yang ditemui anak perempuannya. Banyak yang bilang ayah adalah cinta pertama anak perempuan. Kedekatan hubungan ayah dan anak yang baik ternyata memiliki pengaruh besar saat anak perempuan tumbuh dewasa.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Oxford, Inggris menemukan bahwa anak perempuan yang dekat dengan ayahnya cenderung tidak menghadapi masalah kesehatan mental di masa depan saat tumbuh jadi perempuan dewasa. Dengan kata lain, anak akan jadi lebh tangguh dan tahan banting menghadapi kehidupan karena banyak belajar dari ayahnya.

Dukungan penuh ayah terhadap anak perempuannya juga mampu membuat anak tumbuh dewasa secara mandiri dan percaya diri. Jadi, sepenting itu peran ayah dalam hidup setiap anak perempuan.

#fimela



 
Top