JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi perayaan Natal terhadap tahanan korupsi yang mendekam di rumah tahanan (Rutan) KPK. Dalam perayaan itu, KPK mengajak agar narapidana insaf dan kooperatif dalam proses penegakan hukum yang tengah dijalaninya.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri berharap momentum Hari Natal dijadikan sebagai refleksi dari para tahanan untuk menjauhi sifat dan perilaku koruptif yang dilarang agama. Ia menyebut korupsi juga telah merampas hak orang lain.

"Karena dengan korupsi, artinya seseorang telah mengambil hak orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung," kata Ali Fikri dalam keterangannya, Minggu (25/12/2022).

Ali berharap refleksi itu nantinya dapat menjadi titik balik bagi para koruptor tersebut untuk insaf dan tidak mengulangi perbuatannya. Ia juga berharap agar mereka kooperatif dalam proses penegakan hukum yang tengah berlangsung.

"Refleksi ini semoga juga bisa menjadi titik balik bagi para terduga pelaku korupsi, untuk segera menginsafi segala perbuatannya, kooperatif dalam mengikuti proses penegakan hukumnya, serta nantinya lahir kembali menjadi pribadi yang jujur berintegritas," ucapnya.

Dalam perayaan Natal tahun ini, KPK juga memberikan fasilitas kepada para tahanan untuk melakukan ibadah Misa natal. Selain itu, tahanan juga diperkenankan untuk tatap muka secara langsung dengan keluarganya.

"Dalam rangka peringatan Hari Raya Natal 2022, KPK memfasilitasi para Tahanan untuk melaksanakan ibadah dan menerima kunjungan tatap muka dari keluarga serta para kerabatnya," sebut Ali.

Ali menyebut, setidaknya sebanyak 47 tahanan yang tersebar di Rutan KPK Merah Putih, Pomdam Jaya Guntur dan Kaveling C1 menerima kunjungan dari pihak keluarga. Tercatat setidaknya ada 47 tahanan yang memanfaatkan momentum ini.

"Sejumlah 47 Tahanan memanfaatkan momentum ini untuk menerima kunjungan dari 143 orang yang berkunjung pada Rutan KPK dengan rincian Gedung Merah Putih 52 orang; Pomdam Guntur 48 orang; dan Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (C1) 43 orang," jelasnya.

Ia mengatakan kunjungan tatap muka itu sendiri dilakukan pada Minggu (25/12/2022) pagi. Masing-masing tahanan mendapat jatah bertemu selama dua jam dengan tiga orang pihak keluarganya.

"Kunjungan dimulai pada pukul 10.00-12.00 WIB, dengan terlebih dulu dilakukan pendaftaran yang telah dibuka sejak pkl. 07.30 WIB dan penitipan makanan hingga pkl. 09.30 WIB," ucap Ali.

Setelah itu, para tahanan diberikan kesempatan untuk melakukan ibadah natal pada Minggu (25/12/2022) siang. Ibadah itu sendiri juga menghadirkan pendeta dari Gereja Misi Injil Indonesia.

"Tahanan melaksanakan Ibadah Natal pada pukul 13.30-15.00 WIB di ruang tatap muka Rutan KPK pada Gedung Merah Putih. Ibadah berlangsung khidmat bersama Pendeta Selvanus Tuhumena dari GMII (Gereja Misi Injil Indonesia)," tutur Ali.

#dtc/bin





 
Top