JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan korupsi merupakan pangkal dari berbagai masalah dan tantangan pembangunan.

Hal ini disampaikan Jokowi untuk merayakan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 yang diunggah melalui akun Twitter pribadinya.

"Korupsi adalah pangkal dari berbagai tantangan dan masalah pembangunan: dari penciptaan lapangan pekerjaan hingga soal pelayanan masyarakat," kata Jokowi, Jumat (9/12/2022).

Jokowi juga menegaskan keseriusannya untuk memberantas korupsi di Indonesia. Ia mengaku bakal terus mendorong agar Indonesia bersih dan terus maju.

"Kita takkan pernah lelah dan lengah untuk terus-menerus mendorong Indonesia yang bersih dan maju. Selamat Hari Antikorupsi Sedunia 2022," sambung Jokowi.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Hakordia sebagai penanda korupsi merupakan musuh utama bangsa. Ma'ruf menilai korupsi merupakan musibah global seperti Covid-19.

"Kita memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia setiap tahun, sebagai penanda sekaligus pengingat bagi kita semua, bahwa korupsi adalah musuh utama seluruh bangsa, sama halnya dengan Covid-19, korupsi juga merupakan musibah global," kata Ma'ruf saat membuka Hakordia 2022 di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta Selatan, dikutip dari detik.com.

Ma'ruf mengungkapkan korupsi adalah pusat dari berbagai masalah. Dia menyebut korupsi memiliki sifat korosif terhadap segala pencapaian.

"Perjuangan kita untuk pulih dari krisis, yang disebabkan oleh munculnya beragam tantangan baru di bidang ekonomi, politik, sosial dan lingkungan hidup, hanya akan berhasil kita menangkan apabila kita menerapkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik, bebas dari korupsi," ujarnya.

Menurutnya, bangsa Indonesia akan kesulitan jika perilaku korupsi masih ada. Dia menyebut korupsi membawa dampak negatif untuk kemajuan bangsa.

"Situasi sulit yang tengah kita hadapi sekarang, akan semakin terasa berat dengan perilaku koruptif. Korupsi di pelayanan air dan tanah akan berdampak negatif terhadap kesejahteraan para petani sehingga dapat memperparah dampak dari krisis pangan," katanya.

Sebelumnya, dilansir situs resmi KPK, tema Hari Antikorupsi Sedunia 2022 adalah 'Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi'. Melalui tema ini, KPK ingin mengajak dan memperkuat peran serta masyarakat dalam upaya memerangi korupsi. Memberantas korupsi membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat di negeri ini tanpa terkecuali.

#cnn/bin





 
Top