BANDUNG -- Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) Nasional V di Bandung, Jawa Barat (Jabar) selesai sudah. Iven yang diikuti santri diniyah ini ditutup Gubernur Jabar bersama Ketua FKDT Pusat. 

Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menduduki posisi tiga besar setelah tuan rumah Jabar di posisi kedua dan Jawa Timur (Jatim) sebagai juara umum. Sementara di posisi empat Jawa Tengah (Jateng) dan DKI Jakarta di posisi kelima.

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Kabid Papkis) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar sekaligus pimpinan kontingen, Naharuddin, di Bandung, Senin (5/12/2022), menyampaikan, dalam iven nasional kelima ini, Sumbar mengirim 35 peserta, 23 ofisial dan pelatih ditambah pendamping orang tua, 35 orang, total 93 orang. 

Kata Kabid, dari 15 cabang lomba dengan kategori putra dan putri yang diikuti, kontingen Sumbar berhasil meraih 18 kejuaraan. Tiga emas, 3 perak, 3 perunggu dan 9 juara harapan. 

"Peserta yang meraih juara ini diberikan uang pembinaan dari Pemprov Jawa Barat, masing-masing Rp10 juta untuk juara 1, Rp7 juta untuk juara 2 dan Rp5 juta untuk juara 3," jelas Kabid.

Kontingen Sumbar di bawah koordinator Pelaksana Tugas Seksi Pendidikan Diniyah Takmiliyah dan Al Qur'an, Afrizal ini akan kembali ke Sumatera Barat pada Minggu (11/12/2022) menggunakan jalur darat dengan bus pariwisata.

#rel/ede





 
Top