PADANGPARIAMAN, SUMBAR -- Fenomena tak biasa berlangsung di kawasan Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (20/12/2022) pagi. 

Ribuan orang tumpah ruah menyambut kedatangan Menteri BUMN, Erick Thohir. Ia disambut 'bak calon presiden. Bahkan, parkiran VIP BIM dibuat penuh sesak oleh kehadiran massa penyambut sang menteri. 

Sambutan hangat warga yang makin menyemut juga ditimpali teriakan bergema "Hidup Erick Thohir! " ketika sang menteri yang juga mantan pemilik klub sepakbola Intermilan berjalan menemui warga yang telah menunggunya.

Adapun kedatangan Menteri BUMN tersebut adalah dalam rangka kunjungan kerja ke Provinsi Sumbar. Kunker Erick kali ini terbilang spesial karena terkait dengan proyek-proyek besar pembangunan di provinsi yang saat ini dipimpin Gubernur Mahyeldi Ansharullah. Sebut saja pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik sebagai langkah mengurangi kemacetan dan longsor pada jalan Padang-Solok dan daerah terusannya, meresmikan reaktivitas Kereta Api (KA) Mak Itam di Kota Sawahlunto, menyaksikan MoU kerja sama PT KAI dengan Pemkab Agam terkait mengurai kemacetan di Padang Luar hingga manyambangi Semen Padang FC yang merupakan klub sepakbola milik Semen Indonesia Group (SIG).

Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade yang ikut menyambut kedatangan sang Menteri BUMN di BIM tak begitu jadi perhatian ribuan warga yang agaknya lebih fokus kepada sosok Erick Thohir. Bersama Andre juga tampak sejumlah direksi dan komisaris BUMN yang ada di Sumbar dan di luar Sumbar. Juga terlihat Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, Wali Kota Pariaman Genius Umar dan Forkopimda lainnya.

Saat keluar dari VIP bandara, Erick tampak kesulitan menembus barisan massa. Banyak yang meneriakkan nama Erick Thohir sebagai calon pemimpin masa depan.

Pantauan awak media di lokasi, warga yang sepertinya sudah terkoordinir juga membentangkan spanduk-spanduk dukungan kepada Erick Thohir. 

Bahkan, ada juga yang menuliskan “Erick Thohir for President 2024”, “Selamat Datang Erick Thohir di Ranah Minang” dan lainnya. 

Selain di parkiran VIP BIM, warga juga menyemut di luar BIM sampai ke Fly Over bandara.

Selain di bandara, puluhan baliho dan spanduk juga telah terpasang di seantero Kota Padang dan Kabupaten/Kota lainnya. 

Gerakan masif seperti ini cukup mengejutkan, karena ternyata Erick Thohir mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Sumbar, bahkan antusiasme warga jauh lebih besar ketimbang penyambutan Bakal Calon Presiden Anies Baswedan beberapa waktu lalu.  

Berdasarkan penelusuran awak media, massa yang menamakan diri sebagai "Dunsanak dan Relawan Erick Tohir" memang telah bersiap menanti kehadiran sang Menteri BUMN di Ranah Minang. Sosok Erick dianggap sebagai jawaban terhadap beberapa persoalan bangsa, terutama Sumbar.

#hln/dtc/ede



 
Top