JAKARTA -- Eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, meminta masyarakat untuk mencegah dari dekat perilaku korupsi. Ia menyatakan hal itu dapat dilakukan dengan memantau seseorang yang telah dicurigai akan melakukan tindak korupsi.

"Pencegahan dilakukan agar orang kemudian sulit atau tidak bisa membuat korupsi," kata Novel dalam acara Hari Antikorupsi di Jakarta, Jumat (9/12/ 2022).

Novel mengungkapkan pendidikan korupsi perlu diberikan kepada masyarakat. Sebab, kata dia, seseorang yang telah memiliki ilmu antikorupsi tidak akan mau melakukan tindakan yang dapat merugikan negara.

"Dan pendidikan dilakukan agar orang ketika sekalipun punya kesempatan dia tidak mau untuk berbuat korupsi," kata Novel.

Tidak hanya itu, Novel Baswedan menilai praktek korupsi juga telah menyebar diberbagai instansi negara. Hal tersebut berdasarkan kasus korupsi yang telah terjadi di Indonesia sejak berdirinya KPK tahun 2004.

"Selain itu juga kita lihat bahwa praktik korupsi ini kan terjadinya banyak tidak hanya di satu lembaga atau kementerian saja. Kita bisa lihat praktiknya hampir di semua kementerian dan lembaga," ujarnya

Meskipun demikian, Novel Baswedan mengungkapkan saat ini terdapat banyak lembaga pemerintah yang mendirikan suatu organisasi kecil untuk memberantas kasus korupsi. Sehingga, praktek korupsi tidak lagi terjadi di setiap instansi pemerintah Indonesia.

"Oleh karena itu, masing-masing kementerian dan lembaga dibuat untuk sebagaimana mereka bisa merasakan atau melakukan praktek-praktek pemberantasan korupsi di masing-masing tempatnya dan mereka kemudian melaporkan ke satu lembaga untuk bisa dipantau dan dimonitor," jelas Novel.

Novel menyatakan bahwa saat ini sudah banyak aparat penegak hukum yang terlibat dalam praktik korupsi. Oleh karena itu, kata dia, aparat tersebut bisa ditindaklanjuti untuk diajukan ke ranah hukum yang berlaku.

Dalam orasi yang disampaikan Novel Baswedan menganggap pemberantasan korupsi merupakan upaya yang dapat dilakukan secara ideal. "Selain itu kita harus melihat bahwa ada upaya pencegahan yang dilakukan dari hulu sampai hilir," kata Novel.

#tpc/bin



 
Top