PADANGPANJANG, SUMBAR – Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Padang Panjang kembali menyalurkan zakat kepada para mustahiq (orang yang berhak menerima zakat), Selasa (21/2/2023), bertempat di Masjid Nurul Amri Balai-Balai. Zakat diserahkan secara simbolis oleh Wawako Asrul dan Kakankemenag H. Alizar Dt. Sindo Nan Tongga.

Wakil Ketua II Bidang Distribusi Saiful Ardi dalam laporannya menyebutkan, distribusi zakat kali ini merupakan yang pertama dalam jumlah besar di tahun 2023. Dan untuk kali ini, dominan untuk program Padang Panjang Panjang Cerdas (pendidikan).

Ada 176 mustahiq yang menerima bantuan program Padang Panjang Cerdas, dengan total dana Rp322.775.000. Ada juga 6 mustahiq untuk program Padang Panjang Sehat (pengobatan) dengan total Rp10.500.000 dan 7 mustahiq untuk program Padang Panjang Peduli sebesar Rp7,5 juta.

“Bantuan program Padang Panjang Cerdas ini kita salurkan dua kali setahun, bulan februari dan bulan september. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi anak-anak kita yang tengah menjalani pendidikan,” katanya.

Dikatakan Saiful, pihaknya juga memberikan beasiswa kepada pelajar SMA, meskipun di kota/kabupaten lain tidak diakomodir. “Kota/kabupaten lain tidak membantu SMA, karena zakat ASN SMA disetor ke provinsi. Namun kita tetap membantu pelajar SMA,” sebutnya.

Wawako Asrul dalam kata sambutannya menyampaikan kepada penerima zakat untuk amanah dalam mempergunakan bantuan zakat dengan baik, dan benar-benar dipergunakan sesuai dengan keperluan. Ia berharap zakat ini bisa menurunkan angka kemiskinan di Kota Padang Panjang.

“Alhamdulillah Baznas kembali menyalurkan zakat kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Kami yakin ini sangat membantu dan bisa meringankan kebutuhan dari bapak ibu semua,” ujarnya.

Wawako mengapresiasi kebijakan pimpinan Baznas Kota Padang Panjang yang tetap menyalurkan zakat kepada pelajar SMA, meski zakat PNS SMA disetor ke Baznas Provinsi. “Terimakasih pimpinan baznas, semoga terus meringankan beban mustahiq dan mengangkat derajat kehidupan mereka,” pungkasnya.

Sementara itu Kakankemenag H. Alizar dalam sambutannya mengatakan, Padang Panjang Cerdas adalah investasi masa depan, bukan hanya dunia namun juga akhirat. 

“Ini selaras dengan syariat Islam, agar kita tidak meninggalkan generasi penerus yang lemah, makanya Padang Panjang Cerdas (beasiswa) adalah program yang tepat,” katanya.

Alizar yang ikut menyerahkan zakat secara simbolik, menyampaikan apresiasi kepada pemko yang selalu memberikan dukungan kepada pimpinan baznas dalam menjalankan berbagai programnya.

“Dukungan dan perhatian yang diberikan pemko luar biasa. Semoga Baznas Kota Padang Panjang semakin besar, dan selaras dengan nilai manfaat yang kita peroleh,” pungkasnya.

#rel/ede





 
Top