BANDARLAMPUNG -- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung masih mempersiapkan layanan Terpadu Satu Atap pertama di Lampung khusus untuk pekerja migran.

Hal ini disampaikan Kepala Disnaker Provinsi Lampung, Agus Nompitu, Selasa (21/2/2023), di Kantor Gubernur Lampung.

"Iya kita sedang mempersiapkan Layanan Terpadu Satu Atap untuk pelayanan pekerja migran. Ini insyaallah pelayanan pertama yang terpadu dalam satu tempat untuk memudahkan proses pengurusan pekerja migran," kata Agus.

Menurut Agus, di dalam Layanan Terpadu Satu Atap ini nantinya semua pelayanan kebutuhan dalam pekerja migran. Milai dari administrasi, pengurusan izin bahkan sampai pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di lokasi itu.

"Itu lengkap nantinya. Karena itu kami mendorong kabupaten/kota juga ikut berpartisipasi untuk para pekerja migrannya melakukan pengurusan di sana," tambahnya.

Layanan Terpadu Satu Atap khusus pekerja migran yang berlokasi di sebelah Kantor Imigrasi Lampung itu rencananya akan diresmikan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dalam waktu dekat.

"Insya Allah tahun ini diresmikan gubernur. Dengan adanya layanan ini selama ini kita tidak punya, pengurusannya juga diserahkan kepada masing-masing kabupaten/kota. Sekarang dengan adanya LTSA ini dengan berbagai satker. Termasuk dengan imigrasi, Polri, BP2MI, Dinsos, Dinkes, Dukcapil semua. Termasuk perbankan," tambahnya.

Berbagai layanan menurut Agus terus disiapkan. Dia tidak menampik akan banyak menyesuaikan pelayanan. Namun secepatnya akan dilakukan pelengkapan.

Apalagi, dalam waktu dekat keberangkatan PMI ke beberapa negara tujuan akan segera mulai dilakukan.

"Untuk tahun 2023, paling banyak Malaysia, Singapura. Insya allah dalam waktu dekat kita akan melakukan pelepasan pekerja migran ke luar negeri, kita akan sesuaikan waktunya agar Pak Gubernur bisa melepas," katanya. 

#rlc/bin





 
Top