PEKANBARU -- Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menerima kunjungan audiensi Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Provinsi Riau.

Kunjungan MUKI Riau tersebut disambut hangat Wagubri Edy Natar di rumah dinasnya, Jalan Sisingamangaraja, Kota Pekanbaru, Selasa (14/2/2023).

Dalam pertemuan ini, Wagubri didampingi oleh Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi (Karo Kesra Setdaprov) Riau, Zulkifli Syukur.

Mengawali pembahasannya, Wakil Ketua MUKI Riau , Frans Sirait mengatakan, bahwa kunjungannya ini merupakan langkah dari Majelis Umat Kristen Indonesia atau MUKI wilayah Riau untuk menjalin silahturahmi bersama Wagubri dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Dijelaskannya, audiensi yang dilakukan tersebut sekaligus untuk memberitahu bahwa DPW MUKI Riau akan melaksanakan pelantikan kepengurusan tahun pertama periode 2022-2027.

“Kami berterima kasih kepada Pak Wagub yang telah memberi waktu untuk kami melakukan audiensi. Jadi kedatangan kami ini pertama untuk menjalin silahturahmi sekaligus memberi tahu dalam waktu dekat ini kami akan melakukan pelantikan DPW MUKI Riau,” kata Frans.

Lebih lanjut ia menjelaskan, MUKI atau Majelis Umat Kristen Indonesia adalah organisasi masyarakat Umat Kristen yang berbadan hukum. Konsepnya itu merupakan perpanjangan tangan dari umat kristiani dalam memberikan kesejukan kepada Pemerintah.

“MUKI ini sebenarnya untuk menopang pengurus-pengurus di organisasi kristen lainnya, yang sifatnya kependetaan. Jadi dibentuklah MUKI yang isinya bukan pendeta tapi juga aktivis gereja. Pembentukan awalnya waktu itu di Jakarta pada tahun 2005,” jelasnya.

“Organisasi kemasyarakatan yang dibentuk ini bertujuan mewujudkan kerjasama serta memperjuangkan hak dan tanggung jawab umat Kristen dalam berbangsa dan bernegara. Sehingga kami terbentuk di Riau ini tahun 2022 dan rencananya akan dilantik pada tahun ini untuk periode pertama yaitu 2022-2027,” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Wagubri Edy Natar Nasution merasa senang karena adanya audiensi bersama MUKI Riau. Sebab menurut dia, pertemuan ini menjadi bukti bahwa Pemprov Riau peduli terhadap segala organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya mengucapkan selamat datang disini, saya mendukung apa yang akan dilakukan. Sehingga, sengaja saya bawa hari ini Kepala Biro Kesra karena inikan terkait dengan umat beragama, jadi bicara tentang keagamaan ya mau apapun itu agamanya, tetap dibidang Biro Kesra inilah,” ungkap Wagubri.

Dengan begitu, Mantan Danrem Wira Bima/031 tersebut berharap setelah adanya pelantikan nantinya pengurus dapat menjadi inspirator dalam mengkoodinasikan komunikasi terhadap pemerintah dan bijak untuk menghadapi setiap siatuasi.

“Harapan saya MUKI ini harus bisa menjadi wadah inspirator dan juga koordinator dalam hal keumatan, termasuk dalam komunikasi kepada pemerintah. Saya berharap juga organisasi seperti ini yang duduk itu adalah orang-orang yang sangat bijak yang menghadapi setiap situasi.” pungkasnya.

#rel/ede





 
Top