ANKARA -- Korban tewas akibat gempa magnitudo 7,8 pada 6 Februari 2023 telah melampaui 21.000 orang dengan puluhan ribu lainnya dilaporkan terluka. 

Tim pencarian dan penyelamatan tengah berlomba dengan waktu untuk terus menemukan korban selamat menyusul peringatan bahwa hujan salju, serta kekurangan air, komunikasi dan listrik, dapat menyebabkan "bencana sekunder" yang mematikan.

Di Turki, Wakil Presiden Fuat Oktay mengabarkan bahwa total korban tewas meningkat menjadi setidaknya 17.674. Adapun total korban luka di Turki mencapai 72.879 orang.

Sementara itu, menurut kelompok White Helmets, terdapat 3.377 kematian di wilayah yang dikuasai pemberontak di Suriah. Media pemerintah Suriah, SANA, melaporkan 1.347 kematian di wilayah yang dikuasai pemerintah.

Jumlah korban luka di seluruh wilayah Suriah dilaporkan menjadi 5.245, dengan rincian 2.295 di wilayah yang dikuasai pemerintah dan sisanya di wilayah yang dikuasai pemberontak.

Seorang anak perempuan usia 10 tahun berhasil diselamatkan setelah 90 jam terjebak di reruntuhan. Hal pertama yang dimintanya pasca diselamatkan adalah susu.

"Hilal Saglam terjebak di bawah reruntuhan sebuah bangunan yang terletak di provinsi Hatay. Tim penyelamat mendengar suara dari bawah reruntuhan dan berhasil menyelamatkan Hilal sebagai hasil dari kerja keras selama tujuh jam di reruntuhan," sebut pernyataan dari Departemen Pemadam Kebakaran Metropolitan Antalya pada Kamis (9/2/2023), seperti dikutip dari CNN, Jumat (10/2/2023).

#ant/bin





 
Top