JAMBI -- Pelaksanaan ibadah haji 2023 tak lama lagi akan segera dilaksanakan. Termasuk keberangkatan dari Provinsi Jambi.

Pemerintah Provinsi Jambi pun telah bersiap-siap dari jauh hari. Termasuk untuk transportasi jamaah haji dari Asrama Haji ke Bandara Sultan Thaha.

Pada tahun 2023 ini, Pemprov Jambi telah menganggarkan biaya sebesar Rp 600 juta. Anggaran biaya tersebut, disiapkan untuk penyewaan bus Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Jambi. 

Bus tersebut lah yang nantinya akan membawa Calon Jamaah Haji dari Asrama Haji menuju Bandara Sultan Thaha.

Sebaliknya juga demikian. Para Jamaah Haji yang tiba di Bandara Sultan Thaha, juga akan dibawa menuju ke Asrama Haji saat kepulangan nanti.

Hal ini disebutkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ismed Wijaya. Dia mengatakan, ada 10 bus pariwisata yang akan disewa oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

"Bus itu nantinya akan akan mengantarkan jemaah ke Bandara,” kata Ismed. Lanjut Ismed, bus ini nantinya punya kapasitas untuk 50 orang penumpang.

Untuk anggaran menyewa bus tersebut sudah diokasikan dari APBD murni Provinsi Jambi tahun 2023. 

Pasalnya, pelaksanaan ibadah haji sendiri diperkirakan mulai bergerak pada bulan Mei atau Juni 2023 mendatang. Ismed menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perhubungan hanya menyiapkan jalur darat.

Sedangkan untuk jalur udara akan disiapkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Jambi.

Untuk diketahui, untuk tahun ini tidak ada pembatasan keberangkatan jemaah haji. Sehingga dinas perhubungan Provinsi Jambi menyiapkan 10 unit bus dengan jumlah penumpang 3.000 jemaah ke bandara.

#jic/bin





 
Top