PADANG – Bela negara adalah tugas bersama, tanggung jawab kita sebagai warga negara. Selaku anak bangsa, dimanapun berada, apapun latar belakangnya, apapun pendidikannya, apapun agamanya, apa pun sukunya,  semua, sesuai dengan amanah konstitusi, memiliki hak dan kewajiban sama untuk ikut dalam upaya bela negara.

Ketua Laskar Merah Putih Kota Padang, Amrizal Bakri, SH, menekankan hal tersebut kepada segenap anggotanya dalam kapasitas selalu Pembina Upacara Gelar Pasukan Laskar Merah Putih Markas Cabang (Macab) Kota Padang, bertempat di Lapangan PSP Muara Padang, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (5/2/2023) sore.

"Gelar pasukan hari ini, yang kita laksanakan secara khidmat dan penuh kemeriahan, juga merupakan wujud bela negara. Sejalan dan selaras dengan visi dan misi Laskar Merah Putih yaitu memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar pria yang oleh banyak kalangan akrab disapa "Am Baro" tersebut. 

Ia juga menekankan bahwa anggota Laskar Merah Putih terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Untuk itu, satu sama lain harus selaku mengkedepankan persatuan dan kesatuan, berpedoman pada Tri Dharma Laskar Merah Putih. "Hindari potensi konflik yang memicu benturan massa. Jadilah kelompok masyarakat yang bermartabat dan amanah, "serunya. 

Laskar Merah Putih, lanjutnya menekankan, harus mampu menjadi wadah penyalur aspirasi dan partisipasi masyarakat, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika dan budaya dalam kehidupan bermasyarakat. 

Kemudian, mampu melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup, mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menjaga, memelihara, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia juga mengajak segenap anggotanya supaya mengingat kembali bahwa Laskar Merah Putih didirikan dan dibentuk secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945.

"Saat ini yang terpenting adalah partisipasi aktif kita semua, keluarga besar Laskar Merah Putih Kota Padang, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam memasuki era milenial dan transformasi digital, yakni dengan terus belajar dan bekerja keras. Kerja kita, merupakan prestasi Laskar Merah Putih dan prestasi bangsa,” seru Am Baro di akhir amanatnya.

Sukses dan khidmat upacara gelar pasukan sore itu tak terlepas dari peran serta aktif segenap anggota Laskar Merah Putih Kota Padang, mulai persiapan hingga pelaksanaan.  

Komandan Upacara diambil alih oleh Wadan 1 P3, Syamsuir, SH, Komandan Regu (Danru) Brigade diambil alih oleh Wadanbrig 1, Putra Tanjung, Danru LBH dan Hankam diambil alih oleh Ketua LBH LMP Kota Padang, Prihatomo Bayu Aji, SH dan Danru Srikandi dipimpin lansung oleh Ketua Srikandi, Neng Jamila .

Bertindak sebagai protokoler kegiatan, Srikandi Afni, Pembaca Kalam Illahi oleh Ketua Bidang (Kabid) Lintas Agama, Buya Idris, Pembaca Ikrar Laskar Merah Putih oleh Kabid Polhukam, Andhika Fuadi, SH, pembacaan Pancasila oleh Ketua Harian Auric Briliyan, SH, pemandu lagu Indonesia Raya, mars Laskar Merah Putih dan Ajudan Pembina Upacara diakomodir oleh Srikandi Elfira Koto dan Srikandi Rika Trisna.

Bidang pengaman tempat dan pelaksanaan kegiatan dipegang langsung oleh Provost Laskar Merah Putih Markas Cabang Kota Padang.

Di akhir kegiatan Ketua Laskar Merah Putih Kota Padang didampingi Komandan Upacara dan Provost melakukan inspeksi terhadap seluruh jajaran Brigade dan Srikandi.

#bud/ede






 
Top