PADANG -- Dalam rangka persiapan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Padang beserta jajaran mengikuti Sosialisasi dan Internalisasi Penyampaian Petunjuk Teknis Tata Cara Pelaksanaan Evaluasi dan Pemantauan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM pada Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tahun 2023, Senin (20/2/2023).

Jajaran Kanim Kelas 1 TPI Padang mengikuti sosialisasi secara virtual, bertempat di aula Yusuf Adhiwinata kantor setempat. Dalam kesempatan ini Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham Ir. Razilu, M.Si menyampaikan segala sesuatu terkait pembangunan ZI yang pada hakikatnya merupakan miniatur dari penerapan reformasi birokrasi tingkat instansi pemerintah. 

Diterangkan bahwa pembangunan ZI bertujuan supaya jajaran Kemenkumham secara nasional mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

"Saat ini Reformasi Birokrasi telah memasuki fase akhir dari rangkaian Periode Reformasi Birokrasi yang telah dimulai sejak tahun 2010, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Desain Reformasi Birokrasi 2010-2025, yang memiliki tujuan untuk “Mewujudkan World Class Government”, yakni Birokrasi yang bersih dan akuntabel, Birokrasi yang kapabel dan Pelayanan Publik yang Prima," papar Razilu. 


Irjen Kemenkumham itu lebih lanjut menjabarkan, di 
Kemenkumham capaian Satker berpredikat WBK/WBBM hingga Tahun 2021 baru 19,5 % (171 Satker), sehingga masih menjadi tugas berat khususnya bagi Inspektorat Jenderal selaku Tim Penilai Internal.

Untuk itu, ia meminta seluruh Kepala Satker di lingkungan Kemenkumham untuk tetap menjaga komitmen, semangat dan tingkatkan progres Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di satker masing-masing.

“Jangan lupa menerapkan strategi-strategi yang efektif untuk menunjang keberhasilan satuan kerja yang dipimpin memperoleh predikat WBK/WBBM”, pesannya.

“Yang perlu diingat, sedianya esensi utama Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM adalah mewujudkan pelayanan publik yang optimal dan terbebas dari tindakan maupun perilaku koruptif dari para petugas”, pungkas Razilu.

#rel/ede




 
Top