PEKANBARU -- Rangkaian kegiatan yang digelar 
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pekanbaru dalam rangka memperingati Hari Kanker Dunia (World Cancer Day) tahun 2023 berlangsung meriah. 

Pada Minggu (5/2/2023), digelar Lomba Lari dan Fun Run di area Car Free Day, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Pihak IDI Pekanbaru sengaja memilih olahraga lari karena lari sebagai salah satu olahraga yang bersifat kardio atau memompa oksigen lebih banyak ke seluruh sel-sel yang ada di dalam tubuh, serta bisa menjadi salah satu alternatif mencegah terjadinya kanker.

Kegiatan lomba lari menempuh jarak 10 Km dan Fun Run atau lari ceria dengan jarak 3 Km.

Terdapat sekitar 500 peserta yang mendaftar, yaitu 250 untuk peserta 10 Km dan 250 peserta Fun Run.

Dari jumlah tersebut 30 persennya adalah dokter dan selebihnya adalah masyarakat umum

Acara juga dimeriahkan dengan senam Zumba serta kegiatan edukasi.

Tak lupa ada doorprize dan hadiah untuk para pemenang lomba lari


Lomba lari dan juga Fun Run IDI Kota Pekanbaru dibuka oleh Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, didampingi Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) AKBP dr. Khodijah MM, turut hadir Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr. Pria Budi dan juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau H. Zainal Arifin, SKM, MKes

Selain lomba lari dan Fun Run, IDI Pekanbaru juga menggelar kegiatan jalan bersama penyintas kanker dengan mengundang 50 orang kanker surviver untuk bergandengan tangan dengan dokter dan pelari, berjalan bersama dengan rute yang cukup singkat.

Ketua panitia acara dr. Novita Anggraeni, SpAn, KIC, MKes menyebutkan bahwa ada berbagai macam rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati World Cancer Day 2023 ini,

Kegiatan tersebut merupakan persembahan dari IDI Pekanbaru untuk para penderita dan penyintas kanker.

"Untuk tahun ini utamanya kita akan banyak membahas soal kanker payudara dan serviks. Awareness kepada para perempuan terhadap bahaya kanker serviks dan payudara," ujar dr. Novita kepada awak media di kantor IDI Pekanbaru pada Selasa (31/1/2023) lalu. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut panitia dari IDI Pekanbaru lainnya dr. Andi Nina M. Malarangeng, SpOG, dr. Moriza Lesmana, M. Biomed AAM, dr. Marzuki Marlinda, M. Biomed AAM dan juga dr.  Erick Caesarrani Asmara, SpOG, MKes.


Dr. Novita mengatakan, kegiatan digelar selama 2 hari yakni 4-5 Februari 2023. Untuk tanggal 4 Februari dilaksanakan di Mal Ciputra Seraya Pekanbaru

"Acara dimulai pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB. Kita juga menggelar kegiatan Kids Festival untuk para penyandang dan penyintas kanker anak-anak. Ada lomba mewarnai. Kemudian ada juga persembahan tarian dan lagu dari anak-anak penyintas kanker," terangnya.

dr. Andi Nina M Malaranggeng, SpOG menambahkan, beberapa tahun belakangan ini Kanker menjadi penyakit yang menyebabkan kematian utama di seluruh dunia.

"Sehingga peringatan ini kita gelar untuk memberikan awareness kepada masyarakat agar tetap waspada dan mengetahui bahwa ada penyakit bernama kanker yang mengancam jiwa kita," ujar dr. Andi Nina.

Ia mengatakan karena kemajuan teknologi ada beberapa jenis kanker yang sudah bisa dicegah dan dideteksi secara dini. 

"Sehingga masyarakat awam sebaiknya tahu apa yang bisa dilakukan untuk mendeteksi secara dini dan juga mencegah kanker," ungkapnya.

Selanjutnya ada talkshow dengan dua pembicara yang akan membahas kanker payudara dan juga tentang kanker serviks.


Selain itu ada demo make up dan juga testimoni atau curahan hati dari penyintas kanker,
 dilanjutkan dengan Fashion Show oleh penyintas kanker. 

"Terakhir ada lagi Talkshow tentang bagaimana kita mencegah kanker bagaiman deteksi awal serta bagaimana memodifikasi gaya hidup supaya lebih sehat, supaya resiko terkena kanker bisa dikurangi," tambahnya.

"Tak hanya itu saja, juga hadir artis ibu kota yaitu Micky AFI dan juga Thomas Djorghi," imbuhnya.

 #fko/ede



 
Top