SAWAHLUNTO, SUMBAR -- Kepala Seksi Teknologi, Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Kasi Tikkim) Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 TPI Padang, Edi Komar, beserta jajaran secara marathon melaksanakan kegiatan penyebaran informasi dengan membagikan brosur tentang aplikasi M-Paspor dan majalah Imigrasi Rancak di wilayah kerja Kanim Kelas 1 TPI Padang. 

Pada Selasa (14/2/2023), Kasi Tikkim beserta rombongan melaksanakan kegiatan di Kota Sawalunto. Mereka mengunjungi kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sawahlunto dan kantor Kelurahan Lubang Panjang di wilayah kota setempat. 

Edi Komar berharap, segenap elemen terkait bisa menjadi mitra dalam rangka menyebarkan informasi seputar keimigrasian bagi masyarakat luas khususnya di Kota Sawahlunto.

Melalui www.sumatrazone.co.id, Kasubsi Komunikasi Keimigrasian Kanim Padang, Arifandhika Azwar, menjelaskan, aplikasi M-Paspor merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk pengajuan permohonan paspor baru dan penggantian paspor secara online.

Menurutnya, aplikasi M-Paspor memiliki keunggulan dibanding APAPO, dimana pada aplikasi ini pemohon paspor tidak hanya dapat mengambil antrian pelayanan paspor tetapi dapat langsung mengisi biodata dan upload dokumen. Sehingga, pada saat datang ke Kantor Imigrasi pemohon paspor tidak perlu lagi membawa fotokopi berkas persyaratan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa M-Paspor merupakan produk yang diluncurkan Ditjen Imigrasi RI pada akhir 2021 lalu. Aplikasi ini dibuat guna mempermudah permohonan pembuatan atau penggantian paspor. 

"Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan pendaftaran, menginput data pribadi, serta mengunggah dokumen di mana saja dan kapan saja," papar pria yang akrab disapa Ivan tersebut.

Sementara tentang majalah Imigrasi Rancak, ia menjelaskan bahwa artikel yang  dimuat dalam majalah dimaksud adalah salah satu bentuk informasi dan komunikasi publik yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Padang.

"Majalah ini berisi mengenai informasi keimigrasian di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, berikut serba serbi kegiatan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang sebagai sarana penyebaran informasi kepada publik," ujarnya. 

#rel/ede




 
Top