PADANG -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus melakukan persiapan sebagai tuan rumah Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke- XVI tahun 2023. Guna menyukseskan kegiatan yang didanai APBD sebesar Rp6, 9 miliar tersebut, Dinas Pertanian Kota Padang secara marathon sosialisasi ke kelurahan-kelurahan di Padang. 

Dalam kegiatan sosialisasi di Kelurahan Gunung Pangilun, Selasa (14/2/2023) pagi, Alimin SP selaku koordinator penyuluh Penas KTNA XVI 2023 memaparkan bahwa iven skala nasional tersebut sedianya digelar pada 10-15 Juni 2023, dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir Tabing,  Padang.

Dijelaskan juga bahwa Penas KTNA XVI sempat terundur sebanyak dua kali. Semula hendak digelar pada 20-25 Juni 2020, namun karena pandemi, diundur jadi 4-9 Juni 2022. Akan tetapi, karena pandemi belum kunjung reda, akhirnya diputuskan dilaksanakan pada 10-15 Juni 2023 ini. 

Tentang lokasi pelaksanaan Penas KTNA XVI 2023, dijelaskan bahwa Lanud Sutan Sjahrir Tabing berlokasi sekitar 10 kilometer dari pusat kota dengan luas area 84,20 hektare.

“Lanud Sutan Sjahrir dipilih karena lokasinya luas dan cukup strategis, termasuk akan digunakan sebagai landasan pacu untuk pameran,” katanya. 

Penas KTNA XVI 2023 mengambil tema "Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045".

Alimin juga membeberkan serangkaian agenda yang sudah disiapkan dalam iven nasional ini nantinya, yaitu pembukaan dan penutupan, temu wicara dengan Presiden RI dan pejabat negara serta pemberian penghargaan dan hadiah lomba. Kemudian ada acara rembuk madya dan rembuk utama, temu profesi, temu petani ASEAN dan mitra, hingga temu sukses petani dan penyuluh.

Disamping itu akan ada pameran pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan, pameran aquaculture, pameran agroforestry, expo dan kontes peternakan nasional, lomba stand, pengembangan digitalisasi dan jaringan informasi agribisnis.

Berikutnya, temu usaha agribisnis, temu bisnis tanaman pangan dan hortikultura, temu bisnis bidang perkebunan, temu bisnis bidang peternakan, temu bisnis bidang kelautan dan perikanan serta temu bisnis bidang kehutanan.

Pada bidang agribisnis akan ada gelar dan temu teknologi, temu karya, karya wirausaha petani nelayan, peragaan, unjuk tangkas dan asah terampil.

Lalu akan ada studi banding, widyawisata dan pagelaran seni budaya.

Penas KTNA XVI 2023 di Padang akan dihadiri petani dan nelayan dari seluruh Indonesia, termasuk para gubernur, bupati dan walikota.

Alimin menambahkan, untuk penginapan peserta pihaknya telah menyiapkan rumah-rumah warga yang tersebar di empat kecamatan terdekat, yaitu Kuranji, Koto Tangah, Nanggalo dan Padang Utara.

“Sedangkan untuk tamu lainnya telah disiapkan di hotel yang ada di Padang,” kata Alimin didampingi sejumlah panitia inti Penas KTNA XVI 2023 lainnya, antara lain Teti Ismiati, Bidang Penyuluhan dan Sekretariat, Eko Sasri S.Pt dan Elsa Melina tim pemondokan

Acara sosialisasi diikuti oleh Lurah Gunung Pangilun Benyarmen, Kasi Trantib Bustami, para Ketua RT dan RW, Babinsa, Babinportdiga, Babinkamtibmas, serta tokoh masyarakat Gunung Pangilun.

#ede




 
Top