JAKARTA -- Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dinilai bisa menang satu putaran di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya, elektabilitas Prabowo-Gibran merupakan yang tertinggi saat ini.

Pengamat politik Universitas Dian Nusantara, Tamil Selvan mengatakan terdapat faktor pendorong yang dapat membuat Prabowo-Gibran menang satu putaran, yakni tingginya angka golput.

“Kalau total dari golput dan surat suara rusak itu mencapai 28 persen, maka pemilu besok hanya satu putaran,” kata Tamil dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).

Ia menyebut surat suara tidak sah dan golput akan memiliki dampak yang cukup signifikan. Sebab, angka golput yang masif dapat memperbesar suara riil Prabowo-Gibran daripada hasil survei mereka yang saat ini sedang tinggi.

“Pilpres ini kan yang dihitung hanya suaranya yang sah,” ucap Tamil.

Berbagai survei memang menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul signifikan dibanding pesaingnya. 

Pada riset Lingkaran Survei Indonesia (LS) Denny JA periode 17-23 Desember 2023 yang menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 43,3 persen.

Raihan itu mengalahkan Pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 25,3 persen yang berada di posisi kedua.

Sementara pada urutan ketiga, duet koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD  meraih 22,9 persen.

“Elektabilitas Prabowo-Gibran memang semakin menunjukkan kenaikan,” pungkas Tamil.

#tjb/bin






 
Top