JAKARTA -- Penampakan awan badai yang menyelimuti kawasan Sumatera berhasil dipotret dari luar angkasa oleh seorang astronaut yang bertugas di Stasiun Internasional Luar Angkasa (ISS).

Potret langit Sumatera tersebut diambil oleh seorang astronaut kru ekspedisi 65 beberapa waktu lalu (18/7) menggunakan kamera digital.

BACA JUGA: Lebih Seram dari Covid, Kenaikan Air Laut Bisa Rendam Daratan Asia hingga 2 Meter! 

Bidikan astronaut tersebut menampilkan gambar Pulau Bangka dan Belitung yang lebih kecil berdekatan dengan Laut Jawa dan Pantai Barat Kalimantan, seperti dilaporkan oleh Earth Observatory NASA.

Hasil foto menunjukkan adanya awan berbentuk seperti landasan panjang dan cerah yang dihasilkan oleh badai petir yang membuat bayangan gelap di dataran dan laut di bawahnya.

Dari foto tersebut diketahui bahwa awan seperti landasan itu adalah awan Anvil. Awan ini membentang dimulai di atas Pulau Bangka membentang sekitar 200 kilometer melintasi Sumatera ke Samudera Hindia.

BACA JUGA: Trend Bencana Naik 8 Kali Lipat, Menteri PMK Minta Kesiapan Penanganan

Awan Anvil lain bergerak menuju Bukit Barisan dan awan kumulus kecil juga terbentuk di atas garis Kepulauan Mentawai.

Zona bebas awan muncul di atas Laut Jawa dan Samudra Hindia. Kedua zona terletak melawan arah angin daratan Kalimantan dan Sumatera dengan udara yang tampaknya turun ke permukaan laut yang biasanya menekan pembentukan awan.

#cnn/bin





 
Top