SUMATRAZONE -- Empat provinsi di Sumatra memperbarui harga tandan buah segar (TBS) sawit pada pekan terakhir bulan Mei 2022 atau terhitung mulai Minggu, 30 Mei kemarin. Keempat wilayah tersebut adalah Riau, Sumatera Barat (Sumbar), Bangka Belitung (Babel) dan Aceh.

Setiap provinsi menetapkan harga TBS yang berbeda berdasarkan ketentuan dari tim dan kondisi di wilayah masing-masing.

Diketahui, kenaikan harga TBS kembali terjadi di beberapa provinsi setelah pemerintah mencabut larangan ekspor crude palm oil (CPO).

Sebelumnya ketika pemerintah memberlakukan larangan CPO untuk diekspor ke luar negeri, harga TBS di berbagai wilayah ikut anjlok.

Aceh

Dilansir dari antaranews, harga TBS kelapa sawit di Kabupaten Aceh Timur mulai merangkak naik dari Rp1.700 menjadi Rp1.800 per kilogram.

Kebijakan larangan ekspor CPO dan minyak goreng berdampak negatif kepada petani sawit karena berpengaruh pada harga TBS yang turun.

Sumbar

Berbeda dengan Kabupaten Aceh Timur, penurunan harga TBS per kilogram terjadi di Provinsi Sumbar meskipun dalam jumlah tak banyak.

Berdasarkan hasil rapat penetapan harga TBS bersama para pihak, Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar menetapkan harga TBS per kilogram di Sumatra Barat mencapai Rp3.294 per kilogram atau turun Rp161 dibandingkan minggu lalu.

Pihak Dinas Perkebunan setempat tengah mengupayakan perkebunan rakyat dapat bermitra dengan Perusahaan agar petani dapat menikmati harga TBS sesuai penetapan.

Babel

Pencabutan larangan ekspor CPO disambut baik di Provinsi Babel. Pasalnya hal ini memengaruhi permintaan TBS kembali naik dari pabrik kelapa sawit.

"Pabrik kembali menerima dan membeli kelapa sawit milik petani selepas kebijakan larangan ekspor CPO dicabut," ujar Ketua DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Belitung, Mahdar, kepada awak media setempat. 

Berdasarkan laporan, harga TBS yang dibeli oleh perusahaan dari para petani sebesar Rp2.150 per kilogram. Meski begitu nominal tersebut masih jauh lebih rendah jika mengacu pada ketetapan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang mencapai Rp3,622 per kilogram.

Riau

Provinsi Riau menetapkan harga TBS per kilogram berdasarkan kelompok usia tanam mulai dari 3 hingga 25 tahun.

Penurunan harga TBS paling mencolok terjadi pada kelompok usia tanam 10-20 tahun sebesar Rp424,81, sehingga harga menjadi Rp2.693,45 per kilogram.

#red




 
Top