ACEHJAYA, ACEH -- Wilayah Aceh Jaya diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (26/4/2023) pukul 13.34 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 4.4.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.57 LU dan 95.10 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 53 km Barat Daya Calang-Aceh Jaya pada kedalaman 29 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi yang terjadi di pantai barat Sumatera,” sebutnya.

Guncangan gempabumi ini dirasakan II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan yang digantung bergoyang) di Lamno-Aceh Jaya. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hingga pukul 13.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tandasnya.

#rzd/gia




 
Top