PADANG -- PT Jasa Raharja Cabang Sumatra Barat (Sumbar) menyiapkan mobil keselamatan lalu lintas gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat, terutama pemudik selama musim mudik Lebaran 1444 Hijriah.

"Mobil ini dihadirkan PT Jasa Raharja dalam rangka memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang melakukan mudik tahun 2023," kata Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Sumbar Raihan Farani di Padang, Sabtu (22/4/2023).

Mobil keselamatan berlalu lintas tersebut akan didukung dua tenaga medis (dokter) yang disiapkan Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar dan Jasa Raharja.

Mobil keselamatan berlalu lintas tersebut nantinya berkeliling ke sejumlah titik terutama ke perusahaan otobus (PO) yang berada di Kota Padang. Termasuk juga melakukan patroli ke tempat-tempat wisata yang ada di wilayah itu.

"Jasa Raharja akan hadir di tempat-tempat wisata untuk memberikan layanan gratis," katanya.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2023, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga memasang spanduk-spanduk berisikan informasi keselamatan berlalu lintas di titik-titik yang telah ditentukan.

Kemudian untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, instansi yang bergerak di bidang asuransi sosial tersebut juga telah memetakan sejumlah titik atau lokasi yang dinilai cukup rawan serta menjadi perhatian utama.

Lokasi yang menjadi perhatian Jasa Raharja tersebut, di antaranya Jalan Raya Padang-Bukittinggi Bintungan Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Kemudian jalur di sekitar Air Terjun Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Bukittinggi. Termasuk juga jalur Sitinjau Lauik yang merupakan salah satu tanjakan ekstrem di Jalan Raya Padang menuju Provinsi Jambi.

"Tapi kalau kita bicara titik-titik (rawan) sebenarnya cukup banyak," ujarnya.

#ant/bin




 
Top