PASBAR, SUMBAR – Guna mencegah aksi pencurian di rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik oleh warga, Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Ketupat Singgalang 2023 Polres Pasaman Barat (Pasbar) dibantu personel Polsek Pasaman, melakukan kegiatan patroli dengan mendatangi beberapa lokasi perumahan di wilayah hukum Polres Pasbar.

Kapolres Pasbar AKBP Agung Basuki, SIK, MM melalui Kabagops Kompol Antonius Dakhi, S.H mengatakan bahwa pihaknya sudah mendata perumahan yang ditinggal pemudik ataupun perumahan yang rawan terjadi aksi pencurian untuk didatangi, bertujuan agar menjamin rasa aman warga, terutama di lokasi-lokasi perumahan yang cukup ramai.

“Beberapa perumahan di wilayah Pasaman Barat yang rawan tindak pidana sengaja kami datangi, guna mencegah berbagai aksi kejahatan, terutama pencurian di rumah kosong ditinggal warga mudik lebaran” ujarnya di sela kegiatan, Selasa (25/04/2023).

Ia menjelaskan, patroli tersebut dilakukan dalam rangka Cipta Kondisi selama Operasi Ketupat Singgalang 2023 dengan melakukan patroli pada jam-jam rawan serta melakukan pemantauan di tempat keramaian dan pemukiman/perumahan warga terutama rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya. 

"Kegiatan patroli ini kita lakukan tidak hanya pada malam hari namun pada siang hari juga kita intensifkan, guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana terutama curat, curas, curanmor serta antisipasi gangguan harkamtibmas lainnya, " papar Kabagops. 

Dengan menggunakan kendaraan patroli dinas, petugas memberikan pesan kamtibmas dan ketertiban kepada masyarakat yang melaksanakan ronda malam agar selalu waspada terhadap tindak pidana dan aksi pencurian lainnya, serta menghimbau kepada warga masyarakat agar saling berkoordinasi dengan pihak Kepolisian khususnya jajaran Polres Pasaman Barat dalam menjaga keamanan dan ketentraman di perumahan warga.

Selain itu, petugas juga mengingatkan kepada warga yang berada di sekitar lingkungan perumahan untuk selalu memastikan keamanan dalam rumah dan melaporkan kepada aparat setempat bilamana terjadi gangguan keamanan.

“Kami juga menitipkan pesan kamtibmas kepada warga yang berada di sekitar perumahan untuk selalu mengecek kondisi rumah sebelum di tinggal mudik, dan menginformasikan kepada aparat setempat atau petugas keamanan, bilamana terjadi gangguan keamanan” jelas Antonius Dakhi.

#rel/ede





 
Top