LAMPUNGBARAT, LAMPUNG -- Seorang dokter dianiaya pasiennya di Puskesmas Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat pada Senin (24/4/2023) kemarin.

Korban yakni dr Carel Triwiyono (29), warga Kota Tangerang ini dibanting, dicekik hingga dipukul pelaku.

Diduga karena sakitnya tidak langsung sembuh usai berobat, pelaku, AW (32) naik pitam dan mengeroyok korban.

Aksi penganiayaan tersebut sempat terekam video dan diunggah ke media sosial hingga menjadi viral.

Kronologi penganiyaan

Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng mengatakan, peristiwa itu berawal saat pelaku AW datang ke Puskesmas Pajar Bulan untuk berobat ditemani kakaknya MH (41).

"Pelaku AW berobat dengan keluhan nyeri ulu hati," katanya.

Korban yang saat itu sedang piket jaga, memberikan obat sesuai keluhan dan standar operasional prosedur (SOP) puskesmas kepada pelaku AW.

Setelah diberi obat, nyeri di ulu hati yang dirasakan pelaku belum juga sembuh sehingga pelaku menanyakan lagi.

"Korban sudah menjelaskan kepada keluarga pelaku bahwa obat sudah diberikan dan diobservasi, korban meminta agar pelaku menunggu obatnya bekerja," katanya.

Saat itu, korban menjelaskan apabila pasien tidak kuat menahan sakit bisa langsung ke IGD Rumah Sakit Bukit Kemuning yang merupakan rumah sakit terdekat.

Motif penganiayaan 

Namun, pelaku nekat melakukan penganiayaan diduga karena tidak puas dengan penjelasan korban. Lantas pelaku secara spontan naik pitam lalu langsung menyerbu korban. 

Korban diseret setelah dibanting, kemudian korban juga dicekik bersama MH. 

Pelaku ditangkap 

Dua pelaku pengeroyokan dokter jaga tersebut akhirnya berhasil ditangkap pada Selasa (25/4/2023) kemarin. Keduanya merupakan kakak beradik warga Bandar Lampung.

"Sudah kami tangkap, sekarang telah ditahan dan masih proses pemeriksaan lebih lanjut," kata Heri.

Heri mengatakan, kedua pelaku saat ini masih dalam tahanan dan dikenakan Pasal 170 KUHP juncto Pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama lima tahun enam bulan.

Sebelumnya, rekaman video pemukulan yang dialami seorang dokter puskesmas itu viral.

Dalam video berdurasi 35 detik yang telah tersebar di WhatsApp Group (WAG) itu menayangkan dua orang lelaki mengenakan pakaian merah-hitam mengeroyok seorang lelaki berkaus putih. 

Pada keterangan video disebutkan pula peristiwa itu terjadi di Puskesmas Pajar Bulan, Kabupaten Lampung Barat. 

Kedua lelaki itu terlihat mencekik dari arah depan dan belakang setelah mengangkat pria berkaus putih yang terjatuh di lantai. Perekam video sempat menunjuk dan menyebut pria berkaus putih itu adalah seorang dokter.

"Ini dokter lho, Pak," kata perekam video yang terdengar panik. Video berhenti setelah seseorang mengenakan kaus polo warna kuning memukul kamera.

#kpc/tpj





 
Top