JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah melakukan cek fisik terhadap sejumlah aset Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto.

Upaya itu dilakukan tim KPK setelah mengklarifikasi Hariyanto pada Kamis (6/4/2023).

"Sudah [dilakukan cek aset] di tujuh lokasi plus kafe-nya," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menjawab konfirmasi awak media di Jakarta, Jumat (21/4/2023).

Pahala memastikan pengecekan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) Hariyanto pun masih terus bergulir.

"KPK sedang analisis keterangan beliau. Sudah juga cek fisik ke lokasi-lokasi aset beliau, lagi dianalisis. Statusnya masih lanjut," ucapnya.

Hariyanto menjalani proses klarifikasi di KPK selama sekitar 6,5 jam. Klarifikasi tersebut dilakukan KPK buntut dugaan pamer (flexing) gaya hidup mewah keluarganya di media sosial.

Sebelumnya, ia jadi buah bibir warga setelah istri dan anaknya kerap memamerkan gaya hidup mewah di media sosial.

Adrias, istri Hariyanto, sempat pamer mengenakan tas mahal merek Gucci dan Hermes yang ditaksir mencapai ratusan juta Rupiah. Ia juga kerap mengunggah foto liburan ke Eropa.

Belum selesai istrinya jadi sorotan, anak perempuan SF juga disorot pamer kemewahan.

Dalam video yang diunggah akun Twitter @PartaiSocmed, terlihat remaja perempuan yang disebut anak Hariyanto tengah merayakan pesta ulang tahun dengan potong kue berukuran jumbo diduga di hotel elite.

Hariyanto pun tidak tinggal diam. Ia menyebut tas yang dipakai istrinya itu adalah barang palsu atau KW yang dibeli di Mal ITC Mangga Dua, Jakarta.

"Mereka [netizen] lihat ini disandingkan totalnya Rp420 juta, padahal hanya Rp2-Rp5 juta beli di ITC Mangga Dua di Jakarta," kata Hariyanto, Senin (20/3/2023).

Soal anaknya, Sekdaprov Riau berdalih itu pesta ulang tahun biasa yang kebetulan digelar di sebuah toko yang namanya 'Ritz Carlton'.

#cnn/ryn/arh






 
Top