TANAHDATAR, SUMBAR -- Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, SIK, SH tadi sore melaksanakan pengecekan jalur One Way Sicincin - Bukittinggi, tepatnya di Pasar Koto Baru, Kecamatan X Koto, Tanah Datar. 

Pengecekan tersebut untuk memastikan kelancaran bagi para pemudik dalam lebaran Idul Fitri tahun ini, terutama yang melintasi jalan Padang menuju Bukittinggi melewati Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. 

"Saya selaku Kapolda Sumatera Barat menyampaikan bahwa pada H-3 sampai H+3 kita akan menetapkan one way system pada jalur lalu lintas mulai dari Padang menuju ke Bukittinggi dan juga demikian nanti disaat kembali dari Bukittinggi ke Padang melalui dua jalur yang berbeda," kata Irjen Pol Suharyono didampingi Dirlantas Kombes Pol Hilman Wijaya, SIK. 

Ia menerangkan, tujuan ditetapkannya one way system adalah untuk mengurangi kemacetan pada rute sepanjang 92 km mulai dari Padang menuju ke Bukittinggi, yang normalnya bisa ditempuh dalam 2 sampai 3 jam kalau bukan Idul Fitri.

Namun kata Kapolda, saat Idul Fitri perjalanan Padang Bukittinggi bisa bisa 7 sampai 10 jam jika tidak ada one way system .

"Nah dari hasil analisa dan evaluasi, maka Polda Sumatera Barat cq Direktorat Lalu Lintas berinisiatif  menetapkan one way system," terangnya

Jenderal bintang dua itu berharap, seluruh masyarakat akan menghormati hal ini, bersama-sama melaksanakannya, bersama sama pula mematuhi.

"Tujuannya ya pasti positif, karena untuk mengurangi kemacetan, tempat tujuan dari titik start sampai finish masyarakat pengguna jalan bisa terlaksana dengan sebaik baiknya," ujarnya. 

"Semoga ide dan konsep dari kepolisian yang didukung oleh Forkopimda bisa dihormati oleh masyarakat pengguna jalan," tutup Kapolda Sumbar.

#rel/ede





 
Top