BATAM, KEPRI -- Maha Vihara Duta Maitreya di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyediakan sebanyak 25 ribu kotak makanan vegetarian bagi warga yang datang ke vihara pada perayaan Tahun Baru Imlek 2574.

Pengurus Maha Vihara Duta Maitreya, Liyas Masri, mengatakan, makanan vegetarian yang disediakan terdiri atas bihun goreng, mi goreng, nasi goreng dan nasi campur.

"Sambil mereka berdoa di sini, kami juga berikan mereka konsumsi makanan vegetarian secara gratis. Jadi kayak open house gitu," papar Liyas kepada awak media setempat, Minggu (22/1/2023) pagi. 

Ia juga mengungkapkan bahwa pada hari pertama Imlek 2574 ini banyak warga yang melakukan ibadah secara individual.

"Pagi ini pengunjung melakukan ibadah sesuai dengan keinginan masing-masing, untuk menyatakan syukur dan juga memohon kelancaran, kesehatan dan memohon yang baik-baik," katanya.

Liyas menyampaikan bahwa acara perayaan Imlek akan diakhiri dengan Cap Go Meh di halaman Maha Vihara Duta Maitreya Kota Batam.

"Jadi kita akan adakan acara kesenian terbuka di halaman vihara pada malam hari sekitar jam 19.30. Ini sudah dua tahun tidak dilaksanakan, jadi tahun ini kembali kita lakukan perayaan," katanya.

Liyas mengatakan bahwa pengelola vihara berkoordinasi dengan kepolisian setempat dalam upaya mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek.

"Sudah pasti kita masukkan surat pemberitahuan, makanya polisi sudah ada di sini. Malam tadi ada yang berjaga karena malam kita ada ibadah. Pagi ini juga turun lagi anggota keamanan, yang lebih ramai lagi," katanya.

Menurutnya, pengunjung vihara biasanya semakin siang semakin banyak. Puncak keramaian biasanya terjadi sekitar pukul 13.00 sampai 14.00 WIB. 

#ant/dek/ede






 
Top