JAKARTA -- Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan Indonesia diberkahi keunggulan kekayaan alam yang tidak ada di negara lain. Keunggulan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat.

Wapres mengutip sebuah ayat di dalam Alquran yang mengatakan Allah Swt telah memberikan lahan yang las dan komoditi yang beragam di suatu tempat, yang tidak diberikan kepada negara lain.

“Kita bersyukur oleh Allah Swt, kita diberikan lahan yang luas dan komoditi yang banyak ragamnya. Kalau saya menyitir ayat Alquran, Allah mengatakan saya jadikan di bumi itu gunung-gunung di atasnya, dan saya memberkatinya, dan Allah menentukan berbagai makanan pokok yang diberikan di satu negara dan juga tidak diberikan ke negara yang lain,” papar Wapres saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Dengan banyaknya kekayaan alam di Indonesia, Ma'ruf mengibaratkan Allah Swt menciptakan Indonesia ketika sedang tersenyum.

“Mungkin ketika menciptakan Indonesia, Allah sedang tersenyum, sehingga banyak diberikan komoditi kita ini,” ujar Ma'ruf.

Oleh karena itu, Ma'ruf mendorong segenap pihak membangun apa yang sudah diberikan Allah di Indonesia. Dia meminta semua bekerja keras jangan sampai terjadi krisis pangan di Indonesia. 

Bertolak dari rahmat dan anugerah Sang Khaliq untuk Indonesia,  Wapres Ma’ruf Amin mendorong agar semua pihak mempertahankan sistem pertanian dan pangan Indonesia yang tangguh. Sehingga, Indonesia bisa terbebas dari krisis pangan yang tengah mengancam dunia.

“Saya memberikan apresiasi atas kolaborasi dan kinerja sektor pertanian yang telah dibangun selama ini. Sistem pertanian dan pangan Indonesia dipandang tangguh dan berhasil mencapai swasembada beras selama 2019-2021. Ini kita sudah mendapatkan penghargaan internasional,” ungkapnya.

Menurut Wapres, capaian ini tidak hanya dipertahankan, tetapi perlu terus ditingkatkan demi kemandirian pangan yang berkelanjutan dan kesejahteraan nyata bagi masyarakat dan para petani.

#jsp/bin





 
Top