MEDAN -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Sumatera Utara (Dekranasda Sumut) Nawal Lubis mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten/Kota untuk memanfaatkan iven-iven besar yang akan diselenggarakan di Sumut, sebagai ajang promosi produk wastra dan kerajinan tangan asli daerah.

Ajakan ini disampaikan Nawal Lubis saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekrnasda Sumut Tahun 2023 di AulaTengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Jumat (20/1/2022).

BACA JUGA: Keutamaan Beriklan di Media Online Bagi UMKM

“Sebentar lagi kita (Sumut) akan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) dan iven F1 Powerboat atau F1H20. Kita akan kedatangan tamu-tamu dari seluruh Indonesia dan mancanegara, momen ini adalah kesempatan yang baik dan strategis, untuk mempromosikan wastra dan semua hasil produk dari pelaku UMKM se-Sumut,” kata Nawal Lubis.

Menurutnya, salah satu tugas Dekranasda adalah membina para perajin, membantu pemasaran produk dan juga mitra pemerintah dalam peningkatan kontribusi industri kerajinan untuk pembangunan nasional.

Karenanya, diharapkan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota ikut memfasilitasi pelaku UMKM/IKM binaan untuk memanfaatkan iven-iven tersebut, sehingga diharapkan terjadi transaksi yang memberi manfaat bagi pelaku UMKM/IKM.

BACA JUGA: KPK Ajak Pelaku UMKM Tak Terjebak Jurang Korupsi

“Kita hadirkan karya-karya terbaik UMKM/IKM baik hasil Sumber Daya Alam (SDA) maupun warisan tradisi, sehingga mampu menarik pengunjung untuk mendekat, melihat, yang akhirnya diharapkan bisa melakukan transaksi,” harapnya.

Nawal juga berpesan kepada seluruh Ketua dan Pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota untuk semakin meningkatkan kerja sama yang baik dengan seluruh stakeholder, di tingkat lokal hingga nasional, guna mendorong perluasan akses pasar bagi produk-produk kerajinan.

#dna/pul




 
Top