PADANG – Seorang wanita bergamis yang terekam CCTV nyolong tas di ruang kerja Wakil Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Universitas Negeri Padang (UNP), Padang, ditangkap polisi.

Video aksi pencurian tersebut sempat viral di media sosial. Pihak kepolisian pun langsung bergerak cepat memburu pelaku.

Alfadil, pada Sabtu (14/1/2023) sekitar pukul 15.00 WIB, wanita yang diketahui berinisial MR (37) tersebut berhasil diamankan pihak kepolisian dari Polsek Padang Utara. Ia diciduk di kediamannnya di kawasan Surau Balai, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Padang. 

Kapolsek Padang Utara, AKP Mazwanda mengatakan, awalnya korban mengadukan kejadian tersebut kepada pihaknya, bahwa telah terjadi pencurian tas yang berisi laptop dan sejumlah barang lainnya.

AKP Mazwanda pun memerintahkan unit Opsnal untuk melakukan penyelidikan. Kepolisian langsung melacak dan memburu pelaku.

“Kapolsek Padang Utara memerintahkan kepada unit Opsnal untuk melakukan pengintaian 1×24 jam di seputaran rumah diduga pelaku,” ujarnya, Minggu (15/1/2023).

Kemudian, kata Kapolsek, pada Sabtu (14/1/2023) sekira pukul 08.00 WIB, ada seorang warga melihat sebuah tas yang terletak di dalam Mushalla Baitul Taqwa, Surau Balai, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji.

“Warga curiga yang mana tas tersebut sama persis warnanya di video yang viral di media sosial. Selanjutnya warga memberi tahu kepada Bhabinkamtibmas Anduring Aipda Maizon,” ucapnya.

Dari informasi tersebut, Aipda Maizon melakukan koordinasi dengan Kanit Reskrim Iptu Eddy Saputra yang didampingi Kanit Intel AKP Al Erman langsung menuju lokasi dimaksud.

“Memang benar didapati sebuah tas warna cokelat, diduga tas tersebut adalah barang hasil curian di kampus UNP Padang,” sebutnya.

Setelah dilihat isi tas, ada sejumlah barang yang tersisa, berupa charger HP, dompet, tas kecil, jam tangan, charger laptop dan sejumlah barang lainnya.

Setelah sampai di lokasi, Kanit Reskrim Iptu Eddy Saputra mengamankan barang bukti dan melakukan Interogasi kepada warga di seputar lokasi.

Didapat keterangan dari salah satu warga, mengarah pada satu nama, yaitu sosok pelaku yang mirip rekaman CCTV.

Tim Opsnal Reskrim Polsek Padang Utara menuju tempat tinggal diduga pelaku, yang mana suami dari pelaku berpapasan dengan tim. Suami tampak resah karena viralnya perbuatan sang istri di medsos.

“Selanjutnya si suami menyerahkan pelaku kepada Opsnal Reskrim Polsek Padang Utara guna mempertanggungjawabkan perbuatannya,“ katanya.

Setelah diamankan, polisi menginterogasi pelaku dan wanta itu pun mengakui perbuatannya. Pelaku mengaku membuang barang bukti berupa laptop dan handphone ke dalam sumur Mushalla Baitul Taqwa.

Polisi langsung mencari barang bukti dan didapat di dalam sumur barang bukti berupa 1 laptop merk HP warna silver, 1 unit handphone merk Xiaomi 8 dalam keadaan rusak.

“Pelaku dan barang bukti dibawa ke Polsek Padang Utara untuk proses penyidikan lebih lanjut,” kata AKP Mazwanda. 

Sebelumnya viral di medsos video hasil rekaman CCTV menampilkan aksi pencurian di salah satu ruangan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Universitas Negeri Padang (UNP), Air Tawar, Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam video tersebut, pelaku mengenakan gamis, berjilbab abu-abu, pakai masker sambil membawa map.

Pelaku mondar-mandir dalam ruangan, kemudian pelaku mencuri tas korban dan kabur ke luar gedung FPP UNP.

Saat di luar gedung FPP, datang seorang pria bersepeda motor, membawa pelaku kabur.

Sekretaris UNP Erianjoni, menjawab konfirmasi awak media pada Jumat (13/1/2023) membenarkan adanya peristiwa pencurian di FPP UNP.

Pencurian terjadi di ruang  kerja Wakil Dekan 1 Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Rabu pada tanggal 12 Januari 2023 pukul 16.30 WIB.

Erianjoni mengatakan, pelaku mengambil tas Wakil Dekan I yang saat itu sedang menunai salat ashar. 

"Dalam tas tersebut, berisi uang, laptop, handphone dan surat penting lainnya. Besaran uangnya ini saya kurang tahu," ujarnya. 

Erianjoni mengatakan, pihak UNP sudah melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

#hln/bin







 
Top