PADANG -- Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono, SIK, SH melaksanakan shalat jumat di Mesjid Raya Koto Tangah, Balai Gadang. Kegiatan ini dalam rangka silaturahmi Kapolda Sumbar dalam momen 'Jumat Berkah' dan 'Jumat Curhat'.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyampaikan kekagumannya dengan keramahtamahan dan kamtibmas yang ada di Sumbar ini. Dimana para tokoh agama, datuk dengan kearifan lokal yang beragam ini sangat minim pelanggaran dan gangguan kamtibmas. 

"Ternyata hal ini sudah ditanamkan oleh Ninik Mamak di rumah dan lingkungan keluarga masing-masing," katanya, Jumat (20/1/2023).

Apalagi katanya, masyarakatnya sudah sangat menghormati bagaimana pentingnya menjaga rasa keamanan di tingkat masing-masing, mulai dari diri sendiri dan keluarga.

Ia menuturkan, pekerjaannya sangatlah senang dengan bersosialisasi dengan masyarakat. Kehadirannya dan Kapolres jajaran juga sama dalam rangka jumat curhat.

"Ini adalah momentum bagi kami semua untuk bisa berdialog dan mendengar curhatan rekan-rekan jemaah," ucap Kapolda Sumbar. 

Pada kesempatan tersebut, Irjen Pol Suharyono memberikan pesan kamtibmas untuk mari menjaga keamanan dan ketertiban di Koto Tangah ini bersama aparat terkait dan kelompok tertentu yang berperan penting dalam menjaga mewujudkan keamanan.

"Pesan saya adalah mari bersama kita menjaga keamanan, ketertiban dan keharmonisan di tengah-tengah masyarakat. Semua element bertugas untuk menjaga ini, bukan polisinya, bukan TNI nya, mari bersama kita saling mengingatkan dan saling menjaga rasa aman," ujarnya. 

Kemudian katanya, terkait lalu lintas, dirinya memohon agar masyarakat dapat saling menjaga ketertiban berlalu lintas.

Lanjut jenderal bintang dua tersebut, ia memohon kepada aparat kepolisian setempat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Jika ada masyarakat yang ingin meminta pelayanan silahkan datang kepada kami," pungkasnya.

Sebelumnya, salah satu tokoh masyarakat setempat, Syofian Dt Tumijo menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Sumbar yang hadir ke Mesjid Raya Koto Tangah sekaligus bertatap muka dengan dengan jemaah.

"Saya sudah 37 tahun disini. Baru kali ini kami bisa bertatap muka dan shalat jumat secara langsung bersama bapak. Semoga bapak beserta rombongan selalu diberi Rahmat oleh Allah SWT," ujarnya.

Kepada Kapolda, ia meminta penambahan sub sektor (Pos Polisi-red)  di wilayah Koto Tangah, karena wilayah Koto Tangah terlalu besar. "Karena kami sangat menginginkan kedekatan dengan kepolisian bersama masyarakat," ucapnya. 

Dalam kegiatan Jumat Curhat ini, Kapolda Sumbar didampingi Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Arif Rahman Hakim, SH, Karo SDM Kombes Pol Sonny Mulvianto Utomo, SIK, Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap, SIK. 

#rel/ede




 
Top