PADANG – Lembaga Sosial Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat Sumatera Barat (LSM LiRA Sumbar) mewacanakan peningkatan kontrol sosial terhadap kinerja pemerintah di Sumbar, sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara utuh.

“Ada beberapa sektor yang intens kami kawal karena sangat bersentuhan dengan masyarakat, antara lain sektor kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyaratan," ujar Gubernur LiRA Sumbar, Nofrizal, di sela temu silaturahmi dan berbuka puasa bersama jajaran pengurus LSM LiRA Sumbar di Banang Cafe, Siteba, Padang, Jumat (7/4/2023).

Pada bagian lain, Nofrizal menyampaikan peran LiRA dalam suasana politik saat ini menuju momentum Pemilu Serentak tahun 2024.

“Karena tahun depan adalah tahun politik, kami , LiRA mengambil peran sebagai pihak yang independen sehingga bisa melihat konstelasi politik berjalan sesuai rules yang ada. Kami secara nasional memiliki media online Liranews.com, sehingga secara kemediaan tetap berkontribusi positif kepada masyarakat melalui pemberitaan berkualitas dan mengkedepankan akurasi data dan keberimbangan informasi," papar Nofrizal, diamini Sekretaris Daerah (Sekda) LiRA Sumbar, Erisman.

Pihaknya berharap, LiRA bisa memberikan kontribusi positif kepada pembangunan kota dan kabupaten di Provinsi Sumbar, sehingga keberadaan dan eksistensi LiRA benar-benar dirasakan oleh masyarakat maupun pemerintah daerah. 


Pihaknya juga meminta kepada pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota agar menjadikan LSM ini sebagai mitra sejajar, yang senantiasa siap berkontribusi melalui pemikiran dan gagasan-gagasan inovatif demi kemaslahatan orang banyak.

Pemerintah Tak Perlu Takut

"Pemerintah daerah tak perlu takut kepada kami. Selaku LSM maupun media, kami sama sekali tidak punya itikad menakut-nakuti pemerintah. Kami selalu berupaya bekerja proporsional, mengkedepankan fikiran dan sikap-sikap positif," ujar Gubernur LiRA Sumbar menekankan.

Sekda LiRA Sumbar, Erisman, menambahkan, sejatinya LiRA merupakan jembatan penghubung antara masyarakat dengan pemerintah .

“LIRA merupakan pengayom masyarakat, berperan sebagai lembaga advokasi atau bantuan hukum. Ketika masyarakat mengalami kendala dalam permalahan hukum, maka LiRA siap mencarikan solusinya,” ujar Erisman, diamini Bendahara LiRA Sumbar, Yuliandi Ang.

Ia juga menegaskan bahwa LiRA bersifat netral tidak terlibat dengan dalam politik praktis. Bahkan lebih daripada itu, LiRA memposisikan diri selaku pengawas yang kritis dan detail dalam percaturan politik.

#ede/qon






 
Top