BANDARLAMPUNG – Menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyiapkan 78 posko kesehatan (poskes). Poskes ini menyiagakan enam petugas dan mulai beroperasi 16 sampai 30 April 2023.

“Pos kesehatan ini ada di tiap daerah di Lampung dan juga di rest area Jalan Tol Trans Sumatra,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana dalam keterangan persnya, Minggu (9/4/2023).

Ia merinci, 78 poskes tersebut tersebar di 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung, baik jalan lintas Sumatra (tengah), jalan lintas timur, jalan lintas barat, dan juga beberapa rest area JTTS. Total petugas yang disiagakan mencapai 1.404 orang.

Dari 78 poskes tersebut, berada di Kota Bandar Lampung 9 unit, Pesawaran 8 unit, Lampung Selatan 13 unit, Mesuji dan Metro masing-masing satu unit, Lampung Tengah 7 unit, Pringsewu dan Lampung Utara masing-masing 3 unit, Lampung Barat dan Tulangbawang masing-masing 4 unit, Pesisir Barat dan Tulangbawang Barat masing-masing 8 unit, Tanggamus dan Waykanan masing-masing 2 unit, Lampung Timur 5 unit.  

Poskes yang tersedia di JTTS persisnya berada di rest area ruas Bakauheni – Terbanggi Besar ada 12 titik yakni di KM 20 jalur A dan B, KM 33, KM 49, KM 67, KM 87, dan KM 116. Sedangkan di ruas JTTS Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung terdapat 9 titik yakni di KM 163 A, KM 172 B, KM 28 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 36 B dan KM 311 A.

Reihana mengatakan, pada masing-masing poskes tersebut tersedia enam petugas diantaranya sopir, perawat, bidan, dokter, promkes hingga surveilans. Pada arus mudik dan balik Lebaran tersebut, masing-masing poskes tersebut membagi petugas dalam tiga waktu perubahan kerja (shift). Artinya, terdapat 18 petugas masing-masing poskos bekerja secara bergantian.

Para petugas poskes tersebut akan melayani pemudik yang melintas dan singgah di poskes tersebut. Petugas memeriksa kesehatan pemudik, dan juga mensosialisasikna kesehatan dan pelayanan kesehatan kepada pemudik. Selain itu, petugas poskes juga menyediakan layanan suntik vaksinasi booster bagi pemudik. Layanan vaksinasi booster ini tersedia di poskes masing-masing kabupaten/kota di Lampung. Sedangkan jenis vaksin yang tersedia yakni vaksin booster.

Dinkes Lampung juga menyediakan Public Services Center (PSC). Layanan ini terdapat di tujuh kabupaten yakni Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Way Kanan, Tanggamus, Pesisir Barat, Pringsewu, dan Pesawaran. Reihana mengatakan, PSC tersebut melayani pemudik dengan peralatan medis yang lengkap. Selain itu, juga tersedia 318 puskesmas yang siap melayani pemudik bila terjadi gangguan kesehatan selama perjalanan mudik. Dari jumlah puskesmas tersebut, terdapat 258 puskesmas rawat inap dan 160 yang non-rawat inap. Pemprov Lampung juga menyediakan 82 rumah sakit (RS) terdiri dari 22 RS pemerintah dan 60 RS swasta. 

#rep/bin



 
Top