SUBANG, JABAR -- Pada Selasa (29/3/2023) malam, beberapa aliansi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mengadakan rapat koordinasi di Universitas Trisakti, Jakarta Barat. Rapat tersebut membahas tentang rencana aksi besar-besaran menolak pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi undang-undang.

"Konsolidasi Akbar ini diselenggarakan di Universitas Trisakti pada 29 Maret  2023 pukul 20.00 WIB" ujar Ketua Dema UIN Jakarta, Muhammad Abid Al Akbar, Jumat (31/3/2023).

Abid menjelaskan bahwa salah satu hasil dari rapat koordinasi tersebut adalah mengkampanyekan gerakan dengan tagar #SudahTidakPercaya. Menurutnya, tagar tersebut adalah tanda kekecewaan dan juga bukti bahwa masyarakat sudah tidak lagi mempercayai institusi pemerintah, baik itu eksekutif, yudikatif, maupun legislatif.

Abid menegaskan bahwa hasil rapat koordinasi tersebut juga membahas tentang rencana aksi besar yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2023. Aksi besar tersebut merupakan kelanjutan dari aksi sebelumnya yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 Februari, 14 Maret dan 20 Maret 2023. 

"Terlebih setelah pengesahan UU Cipta Kerja, kemarahan rakyat semakin meluap dan membuat aksi tanggal 6 April akan menjadi besar," katanya.

Demonstrasi besar tolak pengesahan Perppu Ciptaker menjadi undang-undang akan digelar pada 6 April 2023. Mahasiswa dari berbagai kampus telah melakukan konsolidasi dan memutuskan untuk mengampanyekan gerakan dengan tagar #SudahTidakPercaya sebagai kekecewaan dan bukti bahwa masyarakat sudah tidak percaya terhadap institusi pemerintah.

Abid memastikan bahwa akan lebih besar karena amarah rakyat terhadap UU Cipta Kerja semakin meletup. Selain mahasiswa, nantinya bakal bergabung para buruh, serikat pekerja hingga wartawan.

 #tth/bin





 
Top