PADANG -- PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Office (RO) Padang menyalurkan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) pada bulan ramadhan

Branch Manager BRI Padang, Ardhanny Bagus Pinuntun, mengatakan, dalam penyaluran dana PIP ini pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menyasar siswa SD dan SMP yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). 

“Yang terdaftar sesuai laporan yang kami terima kurang lebih sekitar 397 rekening siswa di BRI Branch Office Padang," terangnya.

Menurut Ardhanny, Bank BRI Padang menyalurkan bantuan-bantuan kepada pelajar dalam bentuk non tunai, sehingga uang yang dipergunakan dapat dipertanggungjawabkan, transparan serta aman.

“Data itu khusus Murid Sekolah Dasar (SD) dan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ini belum termasuk bantuan lain untuk SMK juga disalurkan lewat Bank BRI," paparnya.

Sementara, untuk pembagian dana tersebut sesuai dengan umur pelajar, lanjut Ardhanny, siswa yang baru duduk di bangku kelas 1 hingga kelas 6 SD mendapatkan dana bantuan PIP berupa dana yang ditabung dalam simpanan pelajar (Simpel). Penyaluran dana setiap tahun.

Diungkapkan juga bahwa dana tersebut merupakan lanjutan dari penyaluran dana di tahun 2022 berikut penambahan data- data pada tahun tersebut.

“Maka dari itu seperti yang dilihat sekarang, banyak sekali penerima bantuan PIP, sebab data kemarin digabungkan dengan data sekarang," imbuhnya.

Seperti diketahui, dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan yang digunakan untuk kebutuhan personal pendidikan bagi peserta didik miskin atau rentan miskin berusia 6 hingga 21 tahun agar tidak mengalami putus sekolah.

Dengan harapan peruntukan biaya personal pendidikan tersebut dapat di gunakan untuk membeli buku dan alat tulis, pakaian seragam sekolah atau pakaian praktik dan perlengkapan sekolah lainnya (sepatu, tas dan sejenisnya).

Selain itu, bisa juga digunakan untuk membiayai transportasi ke sekolah, uang saku, biaya kursus/les tambahan, biaya praktik tambahan atau biaya magang/penempatan kerja.

#rel/ede





 
Top