SOLSEL, SUMBAR -- Ruang lingkup program Water Sanitation and Hygiene (WASH) mencakup pembangunan infrastuktur penyediaan air bersih bagi masyarakat kurang mampu, pemberian sanitasi yang memadai pada fasilitas sosial seperti masjid/musala serta pendampingan upaya peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan menjaga lingkungan.

Alhamdulillah, pada Sabtu (14/11/2023) ini, Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN Regional Office (RO) Padang bersama pemerintah setempat meresmikan program WASH di Desa Lurahingu, Kecamatan Simpang Tanjung Nan IV, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

BACA JUGA: Sawah Kering Panen Tak Maksimal, Warga Koto Sani Solok Gelar Ritual Minta Hujan! 

Terungkap bahwa sejak 2011, masyarakat setempar hanya mendapatkan akses air bersih dari selang kecil dan kerap tidak cukup untuk kebutuhan rumah tangga mereka.  Mirisnya, selang kecil milik masyarakat ini sering kali tersumbat dan mereka satu sama lain harus saling berebutan. Sementara sedikitnya 54 rumah sama-sama membutuhkan air bersih. 

Berdasarkan kebutuhan akan hadirnya air bersih di desa ini, YBM BRILiaN RO Padang berinisiasi menghadirkan fasilitas air bersih yang bisa mendukung kehidupan masyarakat di Desa Lurahingu.

Sekarang, berkat zakat dari muzakki YBM BRIliaN RO Padang, warga Desa Lurahingu sudah bisa merasakan kemudahan akses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA: Warga Terpaksa Mandi Air Kubangan, Eeh Petugas Malah Lempar-lemparan Kerja!

Jika tadinya hanya melalui selang kecil yang kerap sekali tersumbat, sekarang air yang mengalir sangat deras sehingga masyarakat tidak perlu cemas lagi untuk kebutuhan nya sehari-hari.

Masih banyak keadaan serupa yang ada di lingkungan kita. Mari Insan BRILiaN, yuk ambil bagian dalam menopang kehidupan masyarakat yang membutuhkan!  ~ YBM BRILiaN RO Padang

#adv/ede 






 
Top