JAKARTA -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membantah keterlibatan suami Puan Maharani, Happy Hapsoro, dalam kasus korupsi BTS Kominfo.

Ia mengatakan bahwa korupsi seharusnya dilakukan oleh pihak yang punya akses terhadap penggunaan anggaran. Dalam kasus ini, lanjutnya, pihak itu adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sedangkan Happy Hapsoro bukan pejabat Kominfo.

"Jadi kami melakukan pelurusan bahwa hal tersebut [suami Puan terlibat korupsi BTS] sama sekali tidak benar. Korupsi adalah korupsi dan itu dimulai dengan siapa pemegang mandat, pemegang kewenangan atas pengguna anggaran, yaitu Kominfo," tegas Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (29/5/2023).

Ia tak membantah kader PDIP pernah terlibat dalam kasus korupsi. Meski begitu, klaimnya, kini PDIP sudah memperbaiki diri.

"PDIP sendiri pernah mengalami hal yang pahit ketika ada kader kami menyalahgunakan kewenangannya dan kemudian partai melakukan upaya melihat ke dalam untuk melakukan pembenahan dalam seluruh aspek kehidupan kepartaian yang memang didedikasikan untuk rakyat bangsa dan negara," ucapnya.

Hasto pun kembali membantah isu suami koleganya, Puan Maharani, terlibat kasus korupsi BTS Kominfo, yang merugikan negara setidaknya Rp8 triliun itu. Menurutnya, PDIP selalu menghormati seluruh agenda reformasi termasuk memberantas KKN.

"Jadi berbagai isu tersebut sama sekali tidak benar. Partai tidak pernah merancang  kebijakan-kebijakan yang sifatnya bertentangan dengan cita-cita reformasi dan komitmen di dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih," tutupnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) akan mendalami kebenaran unggahan di media sosial yang menyebut dugaan keterlibatan sejumlah nama pejabat dalam kasus korupsi base transceiver station atau BTS Kominfo.

Kepala pusat penerangan hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana mengatakan bahwa pihaknya masih mendalami informasi tersebut.

“Semua informasi kita jadikan masukan, penyidik sudah punya data-datanya,” kata Ketut saat dihubungi, Rabu (24/5/2023).

Sekadar informasi, unggahan terkait kasus BTS Kominfo ini muncul di media sosial Twitter yang diunggah oleh akun @dhemit_is_back.

Dalam unggahan tersebut terdapat beberapa nama yang disebut terkait dengan kasus BTS Kominfo, salah satunya suami dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani yaitu Happy Hapsoro.

#bsn/bin




 
Top