PADANG -- Baru-baru ini viral rekaman video detik-detik sebuah mobil menerobos masuk ke area dalam salah satu pusat perbelanjaan di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Dalam video itu, juga tampak para pengunjung berlarian mencoba menghindar agar tidak tertabrak mobil yang ternyata dikemudikan oleh salah seorang pegawai honorer di Bawaslu Kota Payakumbuh.

Ketua Bawaslu Sumbar, Alni, membenarkan bahwa pengemudi mobil berwarna putih dengan nomor polisi BA 1398 BB tersebut adalah pegawai honorer di Bawaslu Kota Payakumbuh.

"Statusnya pegawai honorer di Kota Payakumbuh. Ya seperti itulah yang terjadi di mal itu," ujar Alni menjawab konfirmasi awak media di Padang, Jumat (19/5/2023).

Dugaan sementara, pegawai honorer tersebut bikin ulah karena adanya masalah pribadi. Namun menurut Alni, permasalahan dimaksud tidak bisa disampaikan ke publik.

"Berdasarkan pengakuan yang bersangkutan kepada kami, dia ada masalah pribadi. Tapi ada media yang bikin karena (stres) masalah mutasi, itu tidak benar. Sudah dicek, tidak ada mutasi dilakukan. Jadi murni masalah pribadi," papar Alni.

Terkait aksi nekat si oknum bawa mobil hingga masuk areal dalam pusat perbelanjaan di jalan Khatib Sulaiman Padang hari itu, Alni mengatakan bahwa persoalan tersebut sudah diselesaikan bersama manajemen pusat perbelanjaan. Tindak lanjut proses hukum juga tidak ada, karena diselesaikan secara kekeluargaan.

Terkait pemeriksaan internal, lanjut Alni, pihaknya masih menunggu kondisi pegawai tersebut stabil dan pulih dari perawatan. Apalagi, saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di RS dr. M DJamil Padang.

"Yang bersangkutan masih dalam kondisi tidak sehat, masih dirawat di RS dr. M Djamil Padang. Kondisi secara fisik luka-luka dan mengalami patah," terang Alni.

"Jadi setelah kejadian, tengah malam (pegawai itu) ditemukan di Kabupaten Tanah Datar. Kondisinya luka-luka dan patah setelah mobil mengalami kecelakaan tunggal. Makanya dirawat di RS dr. M DJamil," sambung Alni.

Terkait mobil yang dikendarai si pelaku, Alni mengungkapkan bahwa mobil tersebut merupakan kendaraan dinas. Pihaknya masih menunggu pegawai ini sehat dan mengkaji apakah harus ada proses lebih lanjut secara internal.

"Mobil dinas kami kan mobil sewaan? Setelah proses kesehatan selesai, secara kelembagaan tentu kami lakukan proses jika ini memang menjadi bagian dari tanggung jawab lembaga," imbuhnya.

Sebelumnya, pihak pengelola pusat perbelanjaan, Satria Hamid menjelaskan bahwa insiden itu terjadi pada Senin (15/5/2023) sekira pukul 19.40 WIB. 

Pelaku saat itu menerobos masuk ke dalam area pusat perbelanjaan lantai dasar. Ia masuk melalui pintu masuk mobil (jalur basement) dan kemudian menerobos ke jalur lobby. Mobil juga menabrak pembatas barrier serta rambu untuk para pejalan kaki.

"Di dalam area mal, mobil berwarna putih dengan nomor polisi BA 1398 BB tersebut terpantau masuk hingga area pameran mobil dan photo gallery. Kemudian, putar mundur dan langsung keluar kembali selama lebih kurang 35 detik," papar Satria Hamid, Kamis (18/5/2023).

Tak lama kemudian, lanjut Satria, mobil itu melaju keluar pusat perbelanjaan dengan menerobos palang pintu keluar. Tidak ada korban jiwa, baik dari pengunjung maupun karyawan dalam insiden ini.

"Tim kami juga sudah berkoordinasi dan memberikan keterangan fakta kepada pihak Kepolisian Resor Padang. Kita apresiasi atas reaksi cepat tanggap dari pihak Polresta Padang atas kejadian ini," ujar Satria.

Mobil menerobos masuk ke dalam mal Transmart Padang, Kota Padang, Sumatera Barat, hingga bikin panik pengunjung dan karyawan. Pengemudi mobil ini ternyata seorang pegawai honorer Bawaslu Kota Payakumbuh.

#kpr/ede





 
Top