PADANG — Setali tiga uang. Yang satu gubernur, satunya lagi bupati. Dua sosok ini terbilang getol menggandeng para perantau untuk memaksimalkan peran dalam memacu pembangunan daerah.

Mengulang seruannya pada ajang serupa pada tahun lalu, dalam kesempatan Halal bi Halal Kerukunan Keluarga Luak Agam Sumatera Barat (KKLA Sumbar) tahun ini di GOR UNP Padang, Sabtu (20/5/2023), Bupati Agam Andri Warman kembali mengajak seluruh perantau bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam dalam membangun daerah, khususnya kampung halaman masing-masing.

“Peran perantau sangat kita butuhkan dalam membangun daerah. Mari kita bersama-sama untuk menjadikan Agam lebih maju. Apalagi saat ini Pemerintah Kabupaten Agam tengah mempersiapkan konsep dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM),” paparnya.

Bupati Agam itu juga mengapresiasi halal bi halal yang dilaksanakan KKLA, diharapkan menjadi momen untuk saling meningkatkan silaturahmi, baik sesama perantau maupun rantau dengan ranah.

“Semoga silaturahmi kita tetap terjaga dan lebih baik ke depan, sehingga dapat saling bersinergi dalam membangun kampung halaman,” ungkapnya.

Warga Perantau Kenagarian Maninjau, Agam
Seperti halnya sang bupati, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah juga terbilang getol membidik potensi para perantau. Bahkan ia berani mengklaim bahwa perantau jadi pemacu peningkatan perekonomian masyarakat di Ranah Minang.

"Kontribusi perantau dalam memacu dan memicu peningkatan ekonomi sangatlah besar, hal ini penting untuk diperhatikan secara serius," ulasnya.

Menurutnya, saat hari raya Idul Fitri lalu, perputaran perekonomian sangat besar baik di kabupaten Agam maupun daerah lain di Sumbar.

“Kontribusinya dalam memacu dan memicu peningkatan ekonomi sangat besar. Karena itu kita akan terus bangun sinergi dengan perantau dalam membangun daerah, terutama kampung halaman masing-masing,” katanya.

Selain gubernur serta beberapa camat dan wali nagari di Kabupaten Agam, momen halal bi halal KKLA kali ini juga dihadiri sederet tokoh nasional asal Agam seperti Guspardi Gaus (Ketua Umum KKLA), Irman Gusman, Leonardy Harmainy dan tokoh penting Agam lainnya. 

Kehadiran puluhan stand UMKM menjadi daya tarik tersendiri dalam momen tahunan ini, disamping atraksi kesenian khas Luak Agam, acara hiburan serta doorprize dengan hadiah utama satu unit sepeda motor.

#ede






 
Top