LAMBAR, LAMPUNG -- Salah satu tujuan penyediaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yakni guna meningkatkan perekonomian di daerah, khususnya bagi masyarakat Lampung Barat. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lampung Barat Tri Umaryani, saat ngopi bebakhong di Aula Keagungan Setdakab Lampung Barat Senin (22/5/2023).

UMKM digadang-gadang mampu menjadi motor penggerak ekonomi di setiap daerah. Hal itu pun tak terkecuali bagi Lampung Barat. 

Keberadaan UMKM mempunyai peran cukup penting bahkan strategis dalam peningkatan perekonomian daerah. 

Namun menurutnya, satu hal yang terpenting dilakukan yakni melakukan promosi yang cukup, agar produk UMKM di Lampung Barat dapat dikenal tingkat Nasional bahkan Internasional. 

Oleh karena itu, salah satu metode promosi yang dilakukan yakni menyediakan pojok UMKM yang disediakan di setiap instansi lingkungan Lampung Barat hingga instansi vertikal. 

"Untuk bapak ibu OPD diharapkan partisipasinya dalam melakukan promosi. Mungkin dengan salah satu cara jika ada tamu yang berkunjung maka disediakan produk UMKM kita, seperti kopi atau yang lainnya".

Hal itu Disampaikan Tri Umaryani saat menghadiri kegiatan rutin mingguan Ngupi Bebakhong di Aula Kagungan Setdakab, Senin (22/5/2023).

Menanggapi hal tersebut, Asisten Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni mengapresiasi penyediaan pojok UMKM yang diluncurkan Dinas Koperindag. 

Lanjutnya, upaya tersebut merupakan langkah yang tepat guna meningkatkan promosi terhadap produk UMKM yang berada di Kabupaten Lampung Barat. 

"Dengan cara menyediakan bahkan memberi bingkisan produk lokal UMKM kita kepada tamu yang berkunjung ke OPD-OPD ini merupakan cara yang efektif memperluas jaringan promosi kita," Sebutnya. 

Dengan adanya promosi yang luas salah satunya melalui pojok UMKM, dirinya berharap dapat mendongkrak perekonomian Kabupaten Lampung Barat. 

"Selain untuk melakukan promosi produk UMKM ini juga memang menjadi kebutuhan bagi setiap OPD, seperti halnya kopi, gula semut bahkan keripik pisang untuk menjadi suatu suguhan kepada tamu yang berkunjung. Maka dari itu mari kita sama-masa untuk mendukung produk UMKM kita," pungkasnya. 

Perlu diketahui, kegiatan rutin mingguan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat kali ini dipimpin oleh Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring dan Asisten bidang Administrasi Umum Ismet Inoni serta dihadiri sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

#bin







 
Top