JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah memeriksa Grace Dewi Riady atau yang dikenal sebagai Grace Tahir, saksi terkait kasus Rafael Alun Trisambodo. Diduga ada transaksi di antara keduanya sehingga keterangan Grace diperlukan KPK.

Rafael Alun sudah dijerat KPK untuk dua perkara, yaitu gratifikasi dan pencucian uang. Jeratan gratifikasi merupakan pintu masuk bagi KPK untuk menelusuri aset-aset mantan pejabat Pajak itu, yang diduga merupakan hasil dari kejahatan.

Hal itu pulalah yang disampaikan Plt Deputi Penindakan KPK Asep Guntur pada Kamis, 11 Mei 2023, ketika ditanya mengenai ihwal pemeriksaan terhadap Grace Tahir. 

"Terkait dengan pemeriksaan saudari GT (Grace Tahir) ya itu memang di perkaranya Pak RAT (Rafael Alun Trisambodo). Jadi itu masih kita sedang menelusuri perkaranya TPPU, jadi ada terkait dengan masalah aliran dana dan lain-lain, seperti itu," kata Asep.

Asep mengatakan saat ini KPK tengah menelusuri barang atau sesuatu lainnya yang diduga hasil tindak pidana korupsi yang dilakukan Rafael. Asep mengatakan TPPU yang diduga dilakukan Rafael saat ini sementara nilainya mencapai puluhan miliar rupiah.

"Nah, ini yang sedang kita dalami apakah barang sesuatu yang ada di sana itu hasil tindak pidana korupsi atau bukan, seperti itu. Ini terus bertambah, karena memang kita sedang mendalami," kata Asep.

"Sementara ini masih di puluhan miliar rupiah (TPPU Rafael). Nanti akan terus bertambah, karena kita harus ngecek, harus ngecek yang kita temukan, misal dari Mbak GT. Mbak GT tuh kita cek apakah itu hasil dari tindak pidana korupsi atau bukan. Kalau bukan, ya nggak kita ini juga," sambungnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan KPK juga mengusut ada atau tidaknya suap dalam perkara Rafael Alun. KPK akan terus memanggil saksi-saksi yang ada kaitannya dengan Rafael Alun untuk diperiksa.

"Jadi kan, ini kan perkara tersebut selain gratifikasinya, ada perkara-perkara yang lain. Kita harus buktikan juga, selain dari gratifikasi apakah ada perkara-perkara tindak pidana korupsi lainnya, misalkan suap, apakah ada suapnya di situ, kita akan buktikan juga," kata Asep.

"Iya (menemukan pemberi baru) makanya itu, seperti tadi Mbak GT, kita kan menemukan nama itu dalam proses penyidikan, kemudian klarifikasi, kita panggil di sini ya sebagai saksi, kita cross-check apakah hubungannya dengan Saudara RAT, kemudian apakah betul ada aliran dana dan yang lainnya," imbuhnya.

Sejatinya pemeriksaan pada hari itu untuk Rafael Alun bukan hanya Grace, tapi ada sejumlah nama lain, yaitu Albertus Katu, Timothy Wiliam, dan Imam Pamudji. Untuk dua nama pertama disebut KPK sebagai swasta, sedangkan Imam disebut KPK sebagai pensiunan.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri pada hari ini, Jumat (12/5/2023), memberikan keterangan perihal hasil pemeriksaan untuk para saksi itu. Menurutnya, pemeriksaan mereka terkait dengan aliran uang dari Rafael Alun.

"Terkait adanya dugaan penggunaan uang RAT yang berasal dari berbagai pihak," kata Ali.

"RAT diduga menggunakan uang gratifikasi untuk beli aset," imbuhnya.

Di sisi lain, ada sumber yang menyebutkan nilai transaksi Rafael Alun dengan Grace mencapai miliaran rupiah. Menurut sumber itu, transaksi yang terjadi dibuat seolah legal, padahal ada manipulasi di baliknya.

"Diduga miliaran," ucap sumber itu.

Diperiksa KPK, Grace Tahir Diam 

Grace Tahir setelah menjalani pemeriksaan di KPK kemarin memilih diam. Dia tidak memberikan keterangan apa pun dan langsung masuk ke mobilnya.

Awak media di Jakarta juga sudah mencoba menghubungi Grace Tahir tentang informasi yang didapatkan, termasuk dugaan transaksi yang disebutkan KPK. Namun pihak Grace Tahir belum kunjung merespons.

Tentang Grace Tahir

Nama Grace Tahir memang tak asing bagi para pebisnis dan pengusaha di tanah air. Sebab, ia dikenal sebagai salah satu konglomerat wanita yang sukses menjalankan berbagai bisnis.

Tak sampai disitu, Grace juga dikenal sebagai selebgram dan Youtuber yang memberikan motivasi kepada anak muda dengan positivity yang dimilikinya. 

Namun siapa sangka, pada Kamis (11/5/2023) kemarin, ia nampak melenggang keluar dari gedung Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK di Jakarta. 

Nama Grace Tahir sempat menjadi perbincangan di media sosial ketika ia memparodikan sosok Crazy Rich Indra Kenz dengan gayanya yang tengil. Video unggahannya tersebut beredar luas di media sosial dan membuat banyak orang menaruh perhatian kepadanya.

Grace juga dikenal sebagai konglomerat sekaligus pebisnis di berbagai lini. Ia merupakan anak kedua dari sosok pebisnis unggul Dato Sri Tahir dan sang istri Rosy Riady.

Ia mengenyam pendidikan di luar negeri tepatnya di University of California untuk pendidikan sarjananya. Sementara pendidikan masternya ia tempuh di University of Southern California dengan gelar Master of Accounting. 

Grace Tahir merupakan keturunan Tionghoa-Indonesia dari kedua orang tuanya. Sang kakek Mochtar Riady merupakan pendiri Lippo Group. 

Biodata Grace Tahir

Berikut sekilas agama dan biodata Grace Tahir lengkap umur, Instagram yang dirangkum dari berbagai sumber.

Nama Lengkap: Grace Dewi Riady 

Nama Tenar: Grace Tahir 

Tempat Lahir: Jakarta

Tanggal Lahir: 6 Maret 1976

Umur: 47 tahun di tahun 2023

Suami: Ronald Kumalaputra

Anak: Riley Kumalaputra dan adiknya

Agama: diduga Kristen

Instagram: @gtahirs

Youtube: @gt.bodyshot

#dtc/zgs/azh





 
Top