JAKARTA -- Digitalisasi layanan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengalami perkembangan signifikan dari waktu ke waktu. Berbagai aplikasi elektronik sebagai bentuk inovasi bidang teknologi informasi terus bermunculan yang sekaligus merupakan upaya peningkatan kualitas di berbagai bidang pelayanan pemerintah daerah.

Untuk memastikan bahwa sistem informasi yang digunakan dapat beroperasi dengan lancar, salah satu dukungan yang harus disiapkan adalah tersedianya backup sistem informasi yang handal sesuai dengan standar yang diakui secara internasional. 

Sejak tahun 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyiapkan backup beberapa sistem informasi pelayanan yang dikerjasamakan dengan PT. Moratelindo (perusahaan provider data centre dan jaringan) di Jakarta. 

Guna memastikan bahwa backup sistemi informasi  ini beroperasi dengan baik, maka pemeliharaan sistem dilakukan secara berkala.

Pada Sabtu (27/5/2023), telah dilakukan pemeliharaan berkala backup sistem informasi Pemprov Sumbar di data center dan jaringan PT. Moratelindo di jalan Jatinegara Jakarta. 

Kegiatan pemeliharaan kali ini menjadi spesial karena mendapatkan kunjungan dari Kepala Badan Pendapatan (Bapenda) Sumbar Maswar Dedi, AP, MSi yang langsung mengikuti kegiatan pemeliharaan tersebut. 

Bersama Kepala Bapenda Sumbar, turut hadir sejumlah jajaran terkait,  antara lain Suhendri, S.Kom, MSC - Ka.UPTD SIPD, Kamaruzaman S.Kom - Kasi Perangkat Keras UPTD SIPD dan Tedi Rafdianto, S.Kom, M.Kom -  Fungsional Perencana Muda.  Sementara dari Bappeda Sumbar, hadir dua orang anggota Tim Teknis IT, yakni Lutfi, M.Kom dan Rizki, M.Kom.

Beberapa backup sistem informasi yang ditempatkan di Moratelindo Jakarta adalah eSamsat, LPSE, Sipedal, siPaga, Sakato Plan, eDatabase, siMonevdocrenda.

"Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk menjamin bahwa dukungan teknologi informasi memberikan kontribusi optimal peningkatan kualitas dan kinerja pemerintah," tandas Kepala Bapenda Sumbar Maswar Dedi.

#hen/ede





 
Top