PADANG -- Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang bertujuan untuk Merawat Bumi dan juga mengajak Ibu- ibu untuk lebih peduli terhadap lingkungannya. Program CSR ini dinamai BRINita atau BRI Bertani di Kota.

Sehubungan program CSR tersebut, Ikatan Wanita BRI Regional Office (IWABRI RO) Padang menyalurkan bantuan "Urban Farming" berupa bangunan fisik rumah tanaman atau "Green House" kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) "Bunda Atirah", bertempat di lapangan Porkab Siteba, Kelurahan Surau Gadang (Surga), Kecamatan Nanggalo, Selasa (30/5/2023) pagi.

BACA JUGA: Peduli Pariwisata Sumbar, BRI RO Padang Bangun Gapura di Sungai Pinang

Serah terima secara simbolis bantuan "urban farming" dari pihak BRI dalam hal ini diwakili Departemen Head Logistic BRI RO Padang, Zaki Abdul Gani kepada Ketua KWT Bunda Atirah, Meri Elfi, disaksikan oleh lurah, tokoh masyarakat dan Ketua IWABRI RO Padang, Ririn Noviarini.

Di hadapan segenap hadirin, Zaki Abdul Gani menjelaskan bahwa program BRINita adalah program dimana usaha bertani di perkotaan dengan mengoptimalkan lahan yang dimiliki sehingga bermanfaat dari sisi sosial, ekonomi dan lingkungan

Maka dari itu program BRINita yang memiliki tujuan untuk mengembangkan lokasi padat penduduk menjadi lebih baik dari sisi lingkungan dan kesehatan, sehingga dapat memberdayakan masyarakatnya dan diharapkan akan membuat kawasan tersebut menjadi kawasan edukasi dan wisata.

Ketua IWABRI RO Padang, Ririn Noviarini, menambahkan, CSR BRINita yang disalurkan oleh pihaknya  secara umum adalah pembuatan infrastruktur fisik Urban Farming ditambah bantuan tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi yakni tanaman hidroponik. Selanjutnya bantuan peralatan usaha untuk produk Urban Farming agar lebih marketable yakni peralatan pengolahan hasil hidroponik (kripik bayam, stik bayam, dll). Kemudian bantuan berupa training/pelatihan dan pengembangan usaha sesuai kebutuhan kelompok yakni Pelatihan penanaman hidroponik.

Dengan bantuan CSR BRINita ini diharapkan KWT Bunda Atirah dapat memperluas dan memperbesar hasil pertaniannya dan meningkatkan produksi hasil panen, sehingga dapat menjadi wanita mandiri yang memberikan manfaat serta dapat memberdayakan wanita lain di lingkungan sekitar, terutama di kota Padang.

BACA JUGA: Ingin Punya Penghasilan Tambahan? Ini Program Menarik BRI RO Padang!

Ketua KWT Bunda Atirah, Leli Kasmeri, mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang, bersyukur sekaligus  berterimakasih kepada IWABRI RO Padang atas bantuan dan pesan-pesan motivasi yang sangat bermanfaat lagi berdayaguna bagi ibu-ibu KWT dan masyarakat setempat pada umumnya.

"Insya Allah kami akan merawat dan menggunakan dengan sebaik-baiknya bantuan yang kami terima," ungkap Leli, diamini ibu-ibu anggota KWT Bunda Atirah lainnya. 

Dengan adanya program BRINita ini, lanjut Leli, selaku ketua ia akan terus memotivasi para anggota  KWT Bunda Atirah agar lebih semangat, lebih kompak dan lebih produktif lagi untuk  mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Adapun jenis sayuran yang ada di Green House, paparnya, meliputi Pokcoy, Shamhong, Selada,Kaylan, Bayam dan banyak lagi lainnya. Disamping itu ada tanaman Toga serta Terong, Cabe, Tomat dan lainnya.

Ungkapan terimakasih juga disampaikan Lurah Surga, Irzal. Ia berharap, bantuan yang diterima ibu-ibu KWT tersebut benar-benar dijaga, dirawat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

#adv/ede







 
Top