PADANG -- Kebakaran hebat melanda Pasar Raya Padang di Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (17/5/2023) pagi. Sedikitnya 40 kios pedagang kali lima (PKL) di fase 7 persisnya di depan areal eks Matahari Dept Store, ludes dimamah api.  

Informasi yang berhasil dihimpun www.sumatrazone.co.id, menyebutkan, api mulai melalap kios demi kios PKL sekitar pukul 07.30 WIB.

Kejadian kebakaran pertama kali dilaporkan oleh Afsah (48), seorang pedagang di kawasan tersebut. Ia melihat api membesar dari salah satu kios.

Kepala Bidang Operasi dan Sarana Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran (Kabid Ops dan Sarpras Damkar) Kota Padang, Sutan Hendra, kios PKL di areal tersebut terbilang rapat dan padat. Sehingga, api mudah merembes ke bangunan lainnya.

Selain itu ia mengakui proses pemadaman sedikit lambat karena akses menuju lokasi terhalang macet akibat padatnya kendaraan. 

“Sekitar setengah jam api berhasil dipadamkan," ungkapnya.

Sutan Hendra membeberkan, kerugian materiil akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp 1,2 miliar. Sedangkan untuk penyebab kebakaran belum diketahui.

“Untuk penyebab kebakaran belum diketahui. Proses penyelidikan kita serahkan kepada pihak kepolisian,” ungkapnya.

Dalam melakukan pemadaman, Damkar mengerahkan 10 unit armada dengan personel sebanyak 100 orang. Sementara petugas di lokasi yakni dari Damkar Kota Padang, PLN, unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Disdag dan PMI.

Sementara, Kapolsek Padang Barat Kompol Gusdi mengatakan, pihaknya sedang menghitung jumlah kerugian yang timbul akibat kebakaran. “Dinas Perdagangan bersama pihak kepolisian saat ini sedang mendata jumlah kerugian akibat peristiwa kebakaran ini. Sementara korban jiwa Alhamdulillah nihil,” ujar Kompol Gusdi.

#lim/ede





 
Top