TANJABBAR, JAMBI -- Sebanyak 9 rumah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Jambi ambruk setelah diterjang tanah longsor. Bencana longsor itu terjadi akibat ada pergeseran tanah di sekitar sungai.

"Iya tadi hasil pemeriksaan yang dilakukan dan dari keterangan warga jika saat kejadian longsor sempat terdengar suara pergeseran tanah," kata Kapolsek Pengabuan AKP Edi Purnawan, pasca kejadian.

Tanah longsor terjadi pada Kamis (25/5/2023) siang kemarin, sekitar pukul 13.50 WIB. Kapolsek menyebut saat kejadian beberapa warga sedang istirahat siang.

"Ada 9 rumah yang terkena longsor. Sebanyak 6 rumah dihuni, tiga lagi merupakan gudang kosong," kata Edi.

Selain rumah, ada tiga unit sepeda motor tertimbun longsor. Begitu juga dermaga di pinggir sungai ikut rusak akibat tanah di lokasi bergerak turun.

Setelah kejadian, Edi juga memerintahkan anggotanya untuk melakukan asesmen dalam mengecek dampak dari longsor tersebut. Beuntung tak ada korban jiwa akibat bencana tersebut.

"Untuk korban jiwa tidak ada dalam bencana longsor itu ya," katanya.

Sejauh ini, Edi juga menjelaskan sebagian masyarakat sudah ada yang mengungsi. Selain itu masyarakat sekitar juga diimbau untuk srmentara menjauh dari titik lokasi karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

"Setelah kejadian tadi, sebagian warga ada yang sudah mengamankan barang berharganya. Kita juga sudah minta warga untuk menjauh dari lokasi kejadian karena kita khawatir akan ada longsor susulan," kata Edi.

#dtc/tik




 
Top